3 Kota Tersepi di Jawa Barat, Penduduk Cuma Segini

  • Bagikan
Ilustrasi (Pixabay)

BANDUNG NEWS – Jawa Barat merupakan provinsi yang memiliki 27 kabupaten/kota. Ibu kota provinsinya berada di Kota Bandung.

Tak seperti Bandung, beberapa kota di Jawa Barat ini terbilang sepi dan tidak padat sepeti kota-kota lainnya.

Walaupun menjadi provinsi Jawa Barat kedua dengan kepadatan penduduknya setelah DKI Jakarta. Namun ada tiga daerah yang terbilang sepi.

Lalu kota mana sajakah yang tersepi di Jawa Barat? Kalau kamu berencana ingin pindah, berikut ini daftar daerahnya.

1. Kota Sukabumi

Baca Juga:  Kota Bandung Siap Jadi Tuan Rumah IBL Playoff 2022

Terletak di bagian barat daya pulau Jawa, Kota Sukabumi terdiri dari 7 Kecamatan dan 33 Kelurahan.

Dengan wilayah yang dikelilingi oleh Kabupaten Sukabumi, kota ini terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango dan memiliki ketinggian 584 meter dari permukaan laut.

Memiliki luas hanya 48,33 kilometer persegi, Kota Sukabumi hanya memiliki jumlah penduduk sebanyak 350.804 jiwa saja. Jauh sekali jika dibandingkan dengan kabupaten yang memiliki penduduk 2.761.476 jiwa.

2. Kota Cirebon

Kota berikutnya dengan jumlah penduduk sedikit di Jawa Barat, adalah Cirebon. Memiliki luas 37,36 kilometer persegi, Kota Cirebon merupakan dataran rendah dengan ketinggian sekitar 5 meter dari permukaan laut.

Baca Juga:  Hasil Kolaborasi, Jabar Kirim Oksigen ke Rumah Sakit Immanuel

Jumlah penduduk Kota Cirebon berdasarkan data dari jabar.bps.go.id adalah sebanyak 336.864 jiwa saja dan tersebar di 5 kecamatan dan 22 kelurahan. Dengan data tersebut, Kota Cirebon menempati posisi kedua kota tersepi di Jawa Barat.

3. Kota Banjar

Posisi pertama daerah tersepi di Jawa Barat diduduki oleh Kota Banjar. Memiliki wilayah seluas 113,49 kilometer persegi, Kota Banjar berbatasan dengan dua kabupaten yang mengelilinginya, yaitu Kabupaten Ciamis dan Cilacap.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Ajak Bundo Kanduang Rantau Jabar Jaga Pertumbuhan Ekonomi dari Ancaman Resesi

Per tahun 2021 diperkirakan penduduk Kota Banjar hanyalah 203.417 jiwa saja.

Bahkan kota ini hanya memiliki 4 kecamatan, 9 kelurahan dan 16 desa. Sebagai perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, kota ini merupakan pintu gerbang utama jalur lintas Selatan.

Itulah ketiga kota tersepi di Jawa Barat, dengan total jumlah penduduk ketiganya tidak mencapai 1 juta jiwa.

  • Bagikan