4 Jenis Buah Ini Bisa Dijadikan Bahan Masker Wajah yang Kusam


Young woman cleaning face with natural cosmetics. How to get clear and glowing skin. Portrait of young woman with clay face mask on wearing bathrobe. Homemade Face Mask

BANDUNG NEWS – Banyak pilihan alami untuk mencerahkan wajah yang kusam. Yaitu dengan menggunakan masker wajah, penggunaan masker wajah ini tidak melulu menggunakan bahan yang bersifat kimia.

Melansir dari laman Alo Dokter, ada banyak pilihan masker alami yang bisa mencerahkan wajah yang kusam.

Berikut ini ada 4 bahan alami yang bisa dijadikan masker wajah:

1. Masker lemon

Lemon dapat dijadikan sebagai masker wajah alami untuk kulit kusam. Caranya cukup mudah, yaitu celupkan kapas ke perasan air lemon untuk dioleskan ke wajah dengan cara ditepuk-tepuk, kemudian diamkan hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

Kandungan vitamin C dalam lemon dapat mencerahkan kulit secara alami sehingga mampu membantu mengatasi kulit kusam. Meski demikian, penggunaan masker lemon kurang direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif, karena kandungan asam pada lemon bisa mengiritasi kulit.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Charm Indonesia Kenalkan Konsep Gaya Hidup Ethical Living for SDGs

2. Masker papaya

Masker wajah alami untuk kulit kusam berikutnya adalah masker pepaya. Pepaya dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Untuk mendapatkan manfaat masker ini, Anda dapat mencampurkan ¼ cangkir pepaya dengan 1 sendok teh jus nanas segar. Kemudian, aplikasikan masker ini ke wajah dan leher secara merata dan diamkan selama 15–20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Dengan melakukan perawatan ini sekali dalam seminggu, kulit wajah dapat terlihat lebih cerah.

3. Masker alpukat

Kulit kusam tidak hanya dipicu oleh penumpukan sel kulit mati, tapi juga bisa dipicu oleh kulit kering. Agar keluhan kulit kering tidak memicu masalah baru, Anda perlu menjaga kelembapannya dengan baik, salah satunya adalah dengan menggunakan masker alpukat.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Charm Indonesia Kenalkan Konsep Gaya Hidup Ethical Living for SDGs

Masker alpukat dapat membantu mengurangi keluhan kulit kering, karena buah ini tidak hanya mengandung vitamin C dan E, tapi juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat dalam melembapkan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat masker ini, Anda dapat mengaplikasikan buah alpukat yang telah matang dan halus ke wajah secara merata.

Jika di rumah Anda terdapat madu dan yogurt, Anda dapat menambahkan kedua bahan ini ke dalam masker alpukat, karena keduanya juga dapat membantu mencerahkan kulit kusam.

Takaran untuk masker pencerah ini adalah ¼ buah alpukat yang telah halus, 1 sendok teh madu, dan 3 sendok teh yogurt. Campurkan ketiganya hingga membaur secara merata, lalu aplikasikan ke wajah selama 10−15 menit dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga:  Peduli Lingkungan, Charm Indonesia Kenalkan Konsep Gaya Hidup Ethical Living for SDGs

4. Masker kunyit

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam kunyit mampu membuat kulit terlihat lebih cerah. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkannya sebagai masker wajah alami untuk kulit kusam.

Cara penggunaan masker kunyit juga tidak sulit. Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok makan yogurt. Kemudian, aplikasikan ke wajah selama 15 menit sebelum bilas dengan air bersih.

Meski penggunaan masker wajah alami untuk kulit kusam di atas mampu membuat kulit menjadi lebih cerah, Anda tetap harus mengaplikasikannya secara hati-hati. Sebelum mengoleskannya ke seluruh wajah, ada baiknya untuk mengoleskan sedikit terlebih dahulu ke area kulit di sekitar rahang.

Jika muncul reaksi berupa kulit memerah atau iritasi, hentikan penggunaan. [amt]