Menu

Mode Gelap
 

Health ยท 31 Jul 2022 16:55 WIB

5 Bahan Herbal Redakan Batuk dan Tenggorokan Sakit


 5 Bahan Herbal Redakan Batuk dan Tenggorokan Sakit Perbesar

BANDUNG NEWS – Dalam beberapa waktu belakangan, cuaca kerap tidak menentu. Kondisi ini tentunya berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Salah satu penyakit yang biasa menyerang adalah batuk.

Penyakit ini kerap terjadi saat kondisi tubuh dan cuaca tidak selaras. Ketika menderita batuk, tenggorokan dan dada terasa sakit. Hingga suara Anda bisa berubah, bahkan hilang akibat adanya hal yang tak beres dalam tenggorokan.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena banyak bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi batuk. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu 31 Juli 2022, berikut lima obat alami apabila terserang batuk.

Baca Juga:  Waspada, 5 Tanda Depresi yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

1. Jeruk Nipis dan Kecap
Barangkali obat batuk alami satu ini sudah sangat umum dan populer sejak dulu untuk mengobati batuk. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis, mampu mengobati batuk serta meningkatkan resistensi tubuh terhadap berbagai serangan penyakit.

Selain itu, kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis mampu meringankan batuk. Sehingga memberikan sensasi lega pada tenggorokan.

2. Air Jahe dan Madu
Selain menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, air jahe dan madu juga cocok untuk obat batuk secara alami. Hangatnya jahe, bisa meredakan tenggorokan yang sedang tidak baik-baik saja.

Baca Juga:  5 Gejala Diabetes yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Begitu juga dengan madu, sejak dulu bahan alami yang berasal dari lebah ini bisa membantu mengobati berbagai penyakit. Termasuk batuk, apalagi dicampur dengan air rebusan jahe.

3. Air Putih Hangat
Khasiat air putih sudah dikenal sebagai obat ampuh untuk menyembuhkan batuk membandel. Pertumbuhan bakteri dan virus dalam tubuh, dapat dihambat dengan rajin minum air hangat.

4. Nanas
Rasa asam manis yang ada pada nanas, dapat menjadi obat batuk alami karena mengandung enzim bromelain. Kandungan bromelain dari enzim proteolytic dan protease ini, memiliki sifat anti inflamasi.

Baca Juga:  Mirip Covid-19, Begini Gejala Awal Cacar Monyet

Sehingga memecah dahak yang menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru. Akan tetapi Anda harus perhatikan, jika dikonsumsi dengan obat antibiotik, enzim bromelain dalam nanas bisa mengurangi keampuhan obat dalam melawan bakteri.

5. Kencur
Selain jadi bumbu dapur, kencur juga cocok jadi obat alami untuk mengobati batuk. Di dalamnya mengandung atsiri yang mampu membuat tenggorokan menjadi terasa lebih lega, seperti yang ada pada jeruk nipis.

Selain itu, kandungan dalam kencur juga dapat mengatur otot pada saluran pernapasan. Serta kencur bisa memberikan sensasi hangat seperti layaknya jahe.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Konsumsi Minyak Ikan Dapat Turunkan Resiko Penyakit Jantung

14 Agustus 2022 - 06:58 WIB

5 Hobi yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

13 Agustus 2022 - 18:52 WIB

Jangan Mudah Percaya, Ini 5 Mitos Soal Cokelat

9 Agustus 2022 - 18:28 WIB

5 Manfaat Keju, Baik untuk Kesehatan Tubuh

8 Agustus 2022 - 08:00 WIB

4 Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong

7 Agustus 2022 - 18:51 WIB

Waspada, 5 Tanda Depresi yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

6 Agustus 2022 - 16:46 WIB

Trending di Health