Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Hikmah ยท 12 Nov 2022 10:22 WIB

5 Manfaat Kantong Teh Celup untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Sakit Gigi


 5 Manfaat Kantong Teh Celup untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Sakit Gigi Perbesar

BANDUNG NEWS – Teh adalah minuman khas yang sangat mudah kita temukan di berbagai wilayah di Indonesia. Karena berdasarkan penelitian menjelaskan bahwa teh adalah minuman yang menyehatkan tubuh.

Dalam kandungan teh ada sifat antioksidan atau dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, serta memiliki sifat antipenuaan dan antiperadangan.

Terlepas dari manfaat minuman teh, kantong dari teh celup juga memiliki manfaat bagi beberapa masalah yang berkaitan dengan kesehatan.

Berikut lima manfaat dari teh celup yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

1. Mengempiskan Mata Bengkak

Kondisi mata yang bengkak itu bisa dikempeskan atau diatasi yakni dengan mengompres mata yang bengkak tersebut dengan kantung teh yang terdapat kandungan kafein.

Baca Juga:  Agar Hidup Anda Tenang, Cak Nun Tawarkan Hal Ini

Sebelum digunakan sebagai kompres, rendam terlebih dahulu kantung teh celup itu dengan air hangat layaknya menyeduh teh. Setelah direndam, simpan kantung teh itu di dalam kulkas bagian bawah selama beberapa menit.

Kemudian, ambil kantung teh tersebut dan gunakan untuk mengompres mata yang bengkak. Diamkan kantung teh itu selama beberapa menit.

2. Mengobati Luka Kecil

Kantung teh celup yang dapat mengobati luka kecil adalah kantung teh hitam. Ini dapat meringankan rasa nyeri dan meredakan pembengkakan pada luka kecil tersebut.

Sebelum digunakan, buka terlebih dahulu kantung teh hitamnya, lalu teh dikukus. Setelah itu dinginkan teh yang sudah dikukus. Selanjutnya, tempelkan teh pada bagian yang luka selama beberapa menit.

Baca Juga:  Cak Nun Beberkan Alasan Manusia Lebih Sempurna

3. Meredakan Sakit Gigi

Ternyata, sakit gigi yang kadang kala mengganggu aktivitas seseorang bisa diredakan dengan menggunakan kantung teh celup. Namun, kantung teh celup itu adalah kantung teh peppermint.

Penggunaannya cukup mudah, cukup tempelkan kantung teh itu pada gigi atau gusi yang sakit.

Selain dapat meredakan rasa sakit pada gigi, menggigit kantung teh peppermint juga dapat membantu untuk mengontrol perdarahan setelah cabut gigi. Untuk rasa nyeri, jangan lupa konsultasikannya juga dengan dokter gigi.

4. Meredakan Gatal Akibat Gigitan Serangga

Selain gatal, akibat dari gigitan serangga juga dapat menimbulkan rasa nyeri. Kedua keluhan itu ternyata dapat diatasi dengan mengompres bagian yang tergigit serangga menggunakan kantung teh. Hal itu dapat meredakan rasa gatal dan nyeri yang ditimbulkan akibat gigitan serangga tersebut.

Baca Juga:  5 Teh Terbaik Turunkan Berat Badan

Sebelum digunakan, mula-mula basahi terlebih dahulu kantung teh, peras, lalu letakkan kantung teh itu pada area yang digigit serangga. Biarkan kantung teh itu berada di area tersebut selama 15 sampai 20 menitan.

5. Mengurangi Masalah pada Kulit

Menggunakan kantung teh hitam sebagai bahan pengompres dapat membantu meringankan inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme atau benda asing) dan menenangkan kulit.

Selain itu, proses tersebut juga dapat meringankan kondisi ruam yang gatal pada wajah.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Komisi Fatwa MUI Minta Pinjol Dihapus Karena Hukumnya Haram

6 September 2021 - 11:08 WIB

Asyik! 300 Ribu Guru Madrasah non PNS Bakal Dapet Intensif dari Kemenag

30 Agustus 2021 - 16:07 WIB

Mimpi Kemenag Jabar Inginkan Terjemahan Alquran Gunakan Bahasa Daerah

29 Agustus 2021 - 14:59 WIB

Menag Yaqut: Ceramah Ujaran Kebencian di Ruang Publik Adalah Tindak Pidana

23 Agustus 2021 - 10:29 WIB

Kemenag Terbitkan Peraturan Ibadah Selama PPKM Berlangsung

13 Agustus 2021 - 13:32 WIB

Kemenag Sampaikan Selama Pandemi 605 Kiyai Meninggal Dunia

2 Agustus 2021 - 14:23 WIB

Trending di Hikmah