5 Objek Wisata Bersejarah di Bandung


Wisata
Instagram/gedungsate

BANDUNG NEWS – Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, Bekasi, dan sekitarnya, Bandung adalah kota yang layak dikunjungi ketika liburan tiba. Selain karena makanannya yang khas, Bandung memiliki sejumlah tempat wisata bersejarah.

Kapan pun kamu datang ke Bandung, jangan lewatkan 5 tempat bersejarah ini untuk dikunjungi:

1. Gedung Sate

Boleh dibilang, Gedung Sate merupakan salah satu gedung yang ikonik di pusat kota Bandung. Rasanya tak lengkap jika ke Bandung, namun tidak melewati gedung bersejarah di Bandung ini. Berlokasi di Jalan Diponegoro Nomor 22, Kecamatan Bandung Wetan, ada beragam nilai sejarah pada gedung yang kini menjadi kantor gubernur Jawa Barat ini.

Dibangun pada tahun 1920, gedung ini pernah menjadi lokasi pertempuran saat para pejuang kita melawan pasukan Gurkha dari Inggris. Meski kamu tidak bisa memasuki gedung ini, kawasan Gedung Sate kerap menjadi tujuan wisata sejarah di Bandung yang cukup digandrungi.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

2. Monumen Bandung Lautan Api

Destinasi wisata sejarah di Bandung selanjutnya adalah Monumen Bandung Lautan Api. Monumen ini terletak di kawasan Jalan BKR Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Saat musim liburan tiba, monumen ini tidak pernah sepi dari wisatawan dan menjadi tempat untuk hunting foto.

Selain karena gratis, pemandangan saat senja di objek wisata sejarah di Bandung ini juga tak kalah cantik lho! Buat yang belum tahu, monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan masyarakat Bandung untuk menjaga kota mereka dari serangan tentara sekutu yang terkenal dengan peristiwa Bandung Lautan Api.

Lokasi: Jl. Bkr, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat

3. Jalan Braga

Mirip seperti lokasi Kota Tua di Jakarta, Jalan Braga di Kota Bandung ini menyuguhkan suasana yang membuat kita seakan sedang berada di Indonesia tempo dulu. Sudah ada sejak zaman pemerintahan Hindia-Belanda, kawasan wisata sejarah di Bandung ini kini berubah menjadi tempat nongkrong anak muda Bandung yang cukup hits.

Selain jadi tempat buat mereka berfoto-foto, destinasi wisata sejarah di Bandung ini juga menyuguhkan beragam kuliner yang bisa kamu coba, seperti siomay, coffee shop, hingga mencicipi roti di Toko Sumber Bahagia.

Lokasi: Jl.Braga, Bandung, Jawa Barat

4. Goa Belanda

Berada di Taman Hutan Raya Djuanda, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Goa Belanda dahulu digunakan sebagai tangki penyimpanan air raksasa untuk cadangan di musim kemarau. Tak hanya itu, dahulu objek wisata bersejarah di Bandung ini juga sempat menjadi Stasiun Radio Belanda pada zaman Perang Dunia II.

Kini, Goa Belanda hanya menjadi lokasi wisata sejarah Bandung, namun kerap jadi tujuan bagi kamu yang sedikit ingin menantang nyalimu. Jika ragu dan takut tersesat, kamu bisa menjelajahi objek wisata bersejarah di Bandung ini dengan ditemani oleh pemandu.

Lokasi: Taman Hutan Raya Juanda, Cimenyan, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat

5. Gedung Merdeka

Gedung bersejarah di Bandung ini merupakan saksi sejarah berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955. Terletak di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, destinasi wisata sejarah di Bandung ini sangat cocok untuk kamu jadikan objek foto berkat desain arsitekturnya yang menawan.

Puas berfoto-foto, jangan lupa untuk mengunjungi Museum Asia-Afrika yang berada berdampingan dengan gedung bersejarah di Bandung ini. Di sana, kamu bisa melihat hal-hal yang bersejarah, seperti koleksi mesin ketik yang digunakan saat konferensi, ruang dokumenter, ruang pameran, hingga ruang galeri.

Lokasi: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat