5 Tempat Wisata Bandung yang Tetap Buka Selama Pandemi


Wisata
Instagram @letsgobandung

BANDUNG NEWS – Bandung memang populer sebagai destinasi wisata alam yang berlokasi tak jauh dari Ibu Kota. Setiap lokasi wisata memiliki pesonanya sendiri yang khas.

Meski begitu banyak tempat wisata yang sudah tidak lagi beroperasi lantaran pandemi Covid-19. Hal ini menyulitkan turis asing atau lokal untuk berlibur ke sejumlah tempat di Bandung.

Kami telah merangkum lima tempat wisata yang masih buka dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Untuk kamu yang berencana berlibur ke Bandung untuk liburan panjang tahun ini, jangan lupa mampir ke tempat berikut ini.

1. Kebun Binatang Lembang

Tak hanya Kota Bandung yang punya kebun binatang, Lembang di Kabupaten Bandung Barat juga punya. Taman dan Kebun Binatang Namanya Lembang.

Kamu bisa menemukan beragam hewan yang berada di sekitar 350 ekor, mulai dari unggas, mamalia, primata, hingga reptil. Selain tempat wisata edukasi binatang, ada banyak tempat foto yang dibangun oleh pengelola tempat wisata. Cocok untuk kamu yang ingin berburu foto Instagramable.

Salah satu yang populer adalah Bird Aviary. Selain itu, ada pula tempat nongkrong kekinian seperti Neko Cat Café, di mana kamu bisa bermain bersama kucing-kucing lucu, serta Quagga Green Café dengan nuansa tumbuhan hijaunya.

Tempat wisata tersebut terletak di Jalan Kolonel Masturi, No. 171, Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Buka Senin-Jumat 09.00 – 17.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 18.00 WIB. Harga tiketnya yakni Rp 40.000 untuk Senin – Jumat.

Sementara untuk akhir pekan dan tanggal merah, hari besar, serta cuti bersama Rp 50.000. Harga tiket tersebut hanya tiket masuk saja. Kamu harus membayar lagi untuk beberapa wahana. Seperti Big Bird Aviary Rp 20.000, Rabbit House Rp 15.000, Rabbit Garden Rp 10.000, Neo Cat Café Rp 20.000, Pony Ride Rp 25.000.

2. Farm House Lembang

Farm House telah kembali buka untuk wisatawan sejak 13 Juni 2020 lalu. Tempat wisata ini menawarkan banyak spot foto berlatar belakang rumah gaya Eropa. Wisatawan juga bisa menyewa kostum khas Belanda untuk berfoto bersama.

Jika ingin menikmati pemandangan, kamu juga bisa melihat berbagai macam bunga dengan udara segar khas Lembang yang menyejukkan. Area Ada pula My Secret yang memiliki bangunan tua dan pagar pembatas yang terbuat dari batang pohon berliku.

Di sana juga terdapat area petting zoo, food court, dapur halaman belakang yakni restoran bergaya 80-an, area gembok cinta, hingga factory outlet.

Farmhouse Susu Lembang berlokasi di Jalan Raya Lembang, No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Jam operasional pukul 09.00 – 18.00 WIB. Harga tiketnya Rp 30.000 bergantung hari kerja dan akhir pekan. Tiket masuk tersebut nantinya bisa ditukarkan dengan susu murni Lembang.

3. Taman Bougenville

Taman Wisata Bougenville adalah tempat wisata yang menawarkan beragam aktivitas wisata yang menarik di tengah alam. Kamu dan keluarga bisa mencoba wahana yang memacu adrenalin seperti flying fox seharga Rp 25.000.

Tak itu saja, kamu juga bisa trekking dengan menjelajahi jalur dengan waktu tempuh yang beragam atau bermain udara di Sungai Cigeureuh. Di sana juga dipenuhi tempat yang Instagramable, salah satunya jembatan kayu yang dipenuhi sangkar burung warna warni.

Harga tiket masuknya Rp 35.000 sudah termasuk berenang di dua kolam renang, bermain air, pemakaian gazebo, bermain di Sungai Cigeureuh, Skywalk, Jembatan Sangkar Burung, dan menikmati taman bunga yang indahnya.

Tempat ini terletak di Jalan Gunung Puntang, Desa Cempaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Banjaran-Pangalengan. Buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

4. Wayang Windu Panenjoan

Wayang Windu Panenjoan terletak di Banjarsari, Pangalengan. Biasanya tempat ini buka 24 jam. Namun selama PPKM, tempat wisata di Kabupaten Bandung operasionalnya mengatur sampai pukul 17.00 WIB saja.

Ada banyak aktivitas wisata di tempat ini. Mulai dari menikmati pemandangan Pangalengan yang begitu asri, serta berburu foto yang Instagramable. Salah satu tempat favorit pengunjung adalah menara pandang tinggi yang terbuat dari kayu.

Ada pula jembatan kayu yang melintang di atas hamparan kebun teh. Lokasi ini jadi tempat favorit untuk bersantai atau berfoto. Biasanya, Wayang Windu Panenjoan juga jadi lokasi berburu sunset Pangalengan yang indah.

Tak itu saja, ada pula beberapa aktivitas wisata lainnya. Seperti wahana ATV dengan tarif Rp 50.000 per putaran, camping yang bisa kamu coba jika sudah tak PPKM, dan masih banyak lagi. Harga tiket masuknya Rp 10.000 per orang. Dengan tarif parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

5. Saung Angklung Udjo

Tak hanya kaya akan wisata alam, Bandung juga memiliki wisata budaya yang begitu menarik. Adalah Saung Angklung Udjo.

Di tengah pandemi, tempat wisata budaya yang terletak di Jalan Padasuka Nomor 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung terancam tutup.

Maka dari itu, kamu bisa berkunjung ke Saung Angklung Udjo jika sedang berada di Kota Bandung. Saung Angklung Udjo menawarkan berbagai pertunjukkan budaya dan seni, termasuk pula informasi seputar sejarah musik angklung khas Jawa Barat. T

ak hanya bisa melihat pertunjukkan di bangunan yang khas Sunda, kamu juga bisa belajar mengenai bagaimana angklung dibuat hingga mencoba bermain angklung sendiri. Tak lupa, kamu juga bisa membeli angklung di toko suvenir yang tersedia sebagai oleh-oleh. Harga tiket Saung Angklung Mang Udjo Rp 75.000 per orang. Saung Angklung Mang Udjo buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

(nis)