5 Tips Jitu Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran


Mie Instan
Listrasi mengkonsumsi mie instan. (Foto: pexels/tonysgnal)

BANDUNG NEWS – Setelah Hari Raya Idul Fitri berat badan kemungkinan bertambah. Hal tersebut dikarenakan banyak sajian makanan yang dikonsumsi.

Sebaiknya jangan Anda terlena dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Seperti dilansir dari PMJ News, berikut cara menurunkan berat badan setelah Lebaran.

1. Konsumsi Makanan Bernutrisi Seimbang

Konsumsilah makanan bernutrisi seimbang yakni mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Makanan ini penting untuk memenuhi nutrisi tubuh agar tetap.

2. Atur Porsi Makanan

Atur porsi makanan dan jangan berlebihan. Kementerian Kesehatan merekomendasikan dalam satu piring, 1/3 bagian adalah makanan pokok (setara 150 gram nasi), 1/3 bagian lainnya adalah sayuran (150 gram sayur), 1/3 lainnya adalah gabungan protein dan buah.

3. Cukupi Asupan Air

Asupan cairan penting untuk metabolisme tubuh. Pastikan Anda minum air putih yang cukup setiap hari. Setiap orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi 8 gelas per hari atau 2 liter air.

4. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup juga akan membantu menurunkan berat badan. Saat tidur tubuh memperbaiki sel-sel yang sudah rusak. Setiap orang dewasa direkomendasikan tidur 7-9 jam per hari.

5. Olahraga Teratur

Imbangi pola makan yang sehat dengan olahraga yang teratur. Olahraga dapat membantu membakar kalori lebih cepat. Setiap orang dewasa direkomendasikan untuk berolahraga 150 menit setiap minggu atau dapat dibagi menjadi 30 menit, 5 kali dalam seminggu.[amt]