Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan · 9 Mei 2021 13:50 WIB

5 Tips Sehat Menjaga Konsentrasi Tubuh saat Menjalani Puasa


 Ilustrasi penderita maag. (Foto: pexel/cottonbro) Perbesar

Ilustrasi penderita maag. (Foto: pexel/cottonbro)

BANDUNG NEWS – Berkurangnya masukan makanan ke dalam tubuh saat puasa, bisa menurunkan konsentrasi baik saat bekerja atau beraktifitas lainnya.

Namun, hal itu bisa saja disiasati apabila anda mengetahui cara menjaga konsentrasi saat puasa. Dengan begitu puasa anda lancar dan produktivitas tetap terjaga.

Melansir dari PMJ News, sedikitnya ada 5 tips untuk menjaga konsentrasi tubuh saat menjalani puasa.

1. Perhatikan Jam Tidur

Jam tidur malam standar pada manusia umumnya adalah 7-8 jam. Namun hal ini bergantung kepada masing-masing orang. Jadi, sebisa mungkin walaupun di bulan puasa, Anda harus dapat memastikan bahwa tidur malam Anda tercukupi.

Tantangan saat puasa adalah bagaimana Anda bisa mengatur masalah jam tidur malam ini. Karena Anda harus bangun sahur juga sehingga ada baiknya tidak tidur terlalu larut malam.

Baca Juga:  7 Manfaat Buah Naga untuk Menjaga Stamina Tubuh

2. Beristirahat Disela Kegiatan

Dalam menjaga atau bahkan untuk meningkatkan produktivitas kerja bukan berarti Anda harus selalu terpaku pada pekerjaan yang Anda lakukan tanpa adanya istirahat sejenak.

Saat bekerja, ada baiknya Anda mengambil istirahat di sela-sela pekerjaan, minimal selama 10-15 menit untuk mengembalikan tenaga dan semangat Anda.

Anda bisa melakukan beberapa kegiatan seperti membaca novel, mendengarkan musik, jalan-jalan keluar ruangan, melakukan gerakan peregangan ringan atau minum-minuman yang dapat menyegarkan tubuh Anda.

3. Melakukan Olahraga Ringan

Menjaga konsentrasi saat berpuasa, Anda harus melakukan kegiatan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan tanpa sebab mengapa olahraga disarankan untuk dilakukan saat puasa.

Baca Juga:  Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Buah Mangga yang Bisa Cegah Penyakit Jantung dan Diabetes

Dengan berolahraga fungsi otak akan meningkat. Hal ini karena oksigen dalam darah menjadi lancar. Aliran darah yang lancar dapat memberi otak asupan oksigen cukup agar dapat meningkatkan fokus.

4. Singkirkan Hal yang Tidak Perlu

Seperti yang kita tahu, memang konsentrasi merupakan kunci utama agar produktivitas kerja selalu optimal. Namun, terkadang berbagai hal yang mengganggu disekitar Anda dapat mengacaukan konsentrasi saat bekerja.

Beberapa hal yang berpotensi mengganggu konsentrasi Anda misalnya suara telepon masuk atau notifikasi dari ponsel Anda. Dengan mematikan nada dering ponsel Anda, maka hal tersebut dapat membuat konsentrasi saat Anda bekerja menjadi lebih terjaga.

Baca Juga:  Cegah Penularan Corona Menkes Himbau Masyarakat Gunakan Masker Ganda

5. Konsumsi Sayur dan Buah

Agar konsentrasi selalu terjaga dan kinerja Anda selalu pada tingkat yang optimal, pastikan Anda mendapatkan asupan nutrisi dari makanan yang seimbang dan kaya akan vitamin pada saat berbuka dan santap sahur.

Jika Anda akan menentukan menu makanan untuk santap sahur, pastikan Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin B, C, E, dan magnesium.

Jenis vitamin tersebut dapat ditemukan pada makanan seperti jeruk, wortel, bayam dan sayuran hijau lainnya. Buah-buahan dan sayuran dapat mendukung konsentrasi Anda, agar tetap baik selama beraktivitas seharian penuh pada waktu berpuasa.[amt]

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

5 Jenis Makanan untuk Kesehatan Ginjal

10 Juli 2022 - 15:01 WIB

Rentan Alami Stres, Mahasiswa Jangan Ragu Untuk Cari Pertolongan

22 November 2021 - 11:21 WIB

Kemenkes Terbitkan Situs Resmi Cek Stok Vaksin Covid-19

24 Agustus 2021 - 13:49 WIB

Vaksin

Kenali Lima Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menganggu Kesehatan Tubuh

18 Agustus 2021 - 14:43 WIB

Kemenkes Hapus Vaksin Gotong Royong Berbayar

17 Agustus 2021 - 14:13 WIB

Resmi, BPOM Izinkan 8 Jenis Obat yang Bisa Digunakan Terapi Covid-19

15 Juli 2021 - 11:01 WIB

Trending di Kesehatan