Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan · 5 Jun 2021 10:37 WIB

6 Khasiat yang Wajib Kalian Ketahui Manfaat  Obat Herbal Bagi Kesehatan


 Ilustrasi khasiat obat herbal (Pixabay) Perbesar

Ilustrasi khasiat obat herbal (Pixabay)

BANDUNG NEWS – Hidup sehat ala orang Indonesia yaitu dengan cara mengkonsumsi rempah-rempah alami alias herbal. Pasalanya, Indonesia terkenal sekali dengan rempah-rempah alam yang bisa digunakan sebagai bahan masakan hingga obat-obatan.

Namun tahukah kamu, beberapa bahan rempah alami ternyata bisa dijadikan bahan minuman herbal. Seperti, Rimpang, seperti jahe, kunyit, temulawak. Lalu daun daun sirih dan lidah buaya serta masih banyak yang lainnya.

Seperti disampaikan Alo Dikter, Minuman Herbal bermanfaat sekali untuk kesehatan bahkan bisa menggantikan obat-obatan yang berbahan kimia.

Berikut ini bahan-bahan yang dapat digunakan jadi minuman herbal dan manfaatnya:

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Minuman herbal yang mengandung jahe atau temulawak dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena sifat antiinflamasi dan minyak esensial yang terkandung di dalamnya dapat melawan bakteri dan meredakan peradangan di dalam tubuh.

Baca Juga:  Pemkab Bandung Komitmen Terus Perbaiki Sektor Pendidikan dan Kesehatan

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Minuman herbal yang mengandung lidah buaya, jahe, atau daun sirih berkhasiat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat meredakan gejala radang usus, seperti kram perut dan diare berdarah, sedangkan daun sirih dapat mengatasi gangguan pencernaan.

3. Mencegah diabetes

Ada beberapa bahan dalam minuman herbal yang diketahui bermanfaat untuk mencegah diabetes, seperti kayu manis, bunga krisan (chrysanthemum), kunyit, kencur, dan jahe.

Selain itu, bahan-bahan herba ini juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita kencing manis.

4. Meredakan keluhan datang bulan

Bagi sebagian wanita, premenstrual syndrome (PMS) atau sindrom pramenstruasi terasa cukup mengganggu, bahkan bisa sampai memengaruhi aktivitas sehari-hari. Minuman herbal yang mengandung kunyit diketahui dapat meredakan nyeri dan gangguan mood yang disebabkan PMS.

Baca Juga:  Kota Bandung Siap Lakukan Penyuntikan Vaksin Tahap Kedua

5. Mencegah kanker

Radikal bebas berlebih di dalam tubuh dapat menyebabkan kanker. Nah, bahan-bahan yang terkandung dalam minuman herbal, seperti kunyit, kencur, temulawak, dan jahe, umumnya kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

6. Meredakan batuk

Tambahan madu dalam minuman herbal dapat meredakan batuk. Anda juga dapat membuat minuman herbal dari daun sirih untuk mengatasi batuk dan pilek.

Masih ada banyak manfaat minuman herbal lainnya, termasuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan hati, dan mencegah penyakit kronis. Hal ini karena minuman herbal yang mengandung rempah-rempah dan tanaman herba mengandung banyak zat antioksidan, terutama flavonoid dan polifenol.

Baca Juga:  5 Jenis Minuman Ini Bisa Menurunkan Berat Badan dan Mengurai Tumpukan Lemak

Namun, dalam membuat minuman herbal, Anda perlu memperhatikan jenis dan komposisi bahan yang digunakan, serta takarannya. Pengolahan dan penyajiannya juga harus dilakukan dengan benar agar manfaat minuman herbal bisa maksimal.

Selain itu, minuman herbal yang Anda buat sebaiknya langsung dihabiskan dan jangan disimpan terlalu lama.

Jika tidak yakin atau tidak memiliki waktu untuk membuat minuman herbal sendiri, Anda dapat membeli minuman herbal kemasan atau jamu modern yang dijual di pasaran. Namun, pastikan untuk membeli produk yang sudah terdaftar di BPOM agar keamanannya terjamin.

Pilihlah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami, tanpa bahan pengawet, tanpa endapan, serta diproses secara higienis agar mutu, keamanan, dan manfaatnya terjaga.

[amt]

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

5 Jenis Makanan untuk Kesehatan Ginjal

10 Juli 2022 - 15:01 WIB

Rentan Alami Stres, Mahasiswa Jangan Ragu Untuk Cari Pertolongan

22 November 2021 - 11:21 WIB

Kemenkes Terbitkan Situs Resmi Cek Stok Vaksin Covid-19

24 Agustus 2021 - 13:49 WIB

Vaksin

Kenali Lima Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menganggu Kesehatan Tubuh

18 Agustus 2021 - 14:43 WIB

Kemenkes Hapus Vaksin Gotong Royong Berbayar

17 Agustus 2021 - 14:13 WIB

Resmi, BPOM Izinkan 8 Jenis Obat yang Bisa Digunakan Terapi Covid-19

15 Juli 2021 - 11:01 WIB

Trending di Kesehatan