Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Ragam · 23 Sep 2020 08:07 WIB

6 Manfaat Makan Pisang, Salah Satunya Bisa Bikin Jantung Sehat


 6 Manfaat Makan Pisang, Salah Satunya Bisa Bikin Jantung Sehat Perbesar

BANDUNGNEWS.ID – Pisang merupakan salah satu buah favorit para atlet karena bisa dengan cepat mengembalikan stamina saat sedang bertanding. Bagi Anda yang bukan atlet sekalipun juga disarankan untuk makan pisang setiap hari, karena ada manfaat luar biasa yang terkandung di dalamnya.

Dikutip dari klikdokter.com ini beberapa manfaat yang akan diperoleh jika Anda makan pisang setiap hari:

1. Jantung yang sehat

Makan pisang bagus untuk menunjang kesehatan jantung Anda. Hal ini karena di dalam pisang terkandung potasium, yaitu elektrolit mineral yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh dan diperlukan dalam menjaga detak jantung Anda. Kandungan potasium dan sodium yang tinggi dari pisang juga dapat membantu melindungi sistem kardiovaskular Anda terhadap tekanan darah tinggi.

Baca Juga:  Rektor UICI Resmi Buka Digital Kampus Orientasi Mahasiswa Batch Tiga

2. Terhindar dari stres dan depresi

Pisang dapat membantu mengatasi depresi. “Kadar tryptophan yang tinggi akan diubah tubuh menjadi serotonin, sehingga neurotransmiter otak meningkatkan suasana hati menjadi lebih relaks,” ucap Flores.

Ditambah, vitamin B6 di dalamnya dapat membantu Anda tidur nyenyak dan kandungan magnesium akan membantu mengendurkan otot. Sehingga, Anda pun akan terhindar dari stres dan depresi.

3. Pencernaan sehat dan penurunan berat badan

Pisang kaya akan serat yang bisa membantu melancarkan buang air besar (BAB). Menurut Flores, satu pisang dapat menyediakan hampir 10 persen kebutuhan serat harian Anda. Vitamin B6 di dalam pisang juga dapat membantu penurunan berat badan.

Secara umum, pisang adalah makanan penurun berat badan yang baik, karena rasanya manis dan mengenyangkan. Sehingga, pisang dapat membantu Anda mengekang rasa lapar. Para peneliti bahkan menemukan bahwa pati resisten dalam pisang dapat mendukung kesehatan usus dan mengontrol gula darah.

Baca Juga:  Rehat Sejenak dari Gadget, Ajak Si Buah Hati ke Orchid Forest Cikole Yuk, Gratis Tiket Loh!

4. Tulang kuat

Menurut sebuah artikel tahun 2009 di Journal of Physiology and Biochemistry, pisang mengandung banyak fructooligosaccharidesyang merupakan karbohidrat non digestif penggerak priobiotik. Zat ini ramah terhadap pencernaan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Dengan makan pisang tiap hari, tulang pun menjadi lebih kuat.

5. Terhindar dari penyakit kanker

Beberapa bukti menunjukkan bahwa konsumsi pisang secara konsisten dapat melindungi Anda dari kanker ginjal. Sebuah studi di Swedia pada 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 75 porsi buah dan sayuran mengurangi risiko kanker ginjal hingga 40 persen, dan pisang menjadi buah yang bekerja sangat efektif.

Baca Juga:  Ternyata Daging Kambing Picu Darah Tinggi Hanya Mitos

Dari penelitian yang sama juga dikatakan bahwa wanita yang mengonsumsi 4 hingga 6 buah pisang dalam sepekan bisa mengurangi separuh risiko terkena kanker ginjal. Hal ini dapat terjadi karena tingginya kadar senyawa fenolik antioksidan dalam buah berwarna kuning ini.

6. Mencegah terkena diabetes

Menurut meta-analisis yang diterbitkan di Sleep Medicine Reviews, kurang tidur dapat berkontribusi pada diabetes gestasional. Di sisi lain, pisang dapat membantu mencegah risiko terkena gangguan kesehatan tersebut. Kandungan magnesium dan tryptophan pada pisang dapat membantu Anda memastikan istirahat malam yang baik, sehingga terhindar dari risiko tersebut.

(bnd)

 

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Komunitas Kretek Gelar Bedah Buku Nicotine War Karya Wanda Hamilton di Unpad

3 November 2022 - 14:21 WIB

Rektor UICI Resmi Buka Digital Kampus Orientasi Mahasiswa Batch Tiga

21 September 2022 - 12:44 WIB

MoC Kini Hadir di 23 Paskal Shopping Center, Ada Koleksi Anti Baju Anti Bau hingga Promo Menarik

26 Juni 2022 - 07:23 WIB

UICI Kampus Digital Buka PMB Tanpa Tes, Ini Syarat Pendaftarannya

26 Januari 2022 - 18:05 WIB

Bandung Diciptakan, Saat Tuhan Sedang Tersenyum

16 Desember 2021 - 12:35 WIB

Kemenag Ganti Kartu Nikah dari Bentuk Fisik ke Digital

9 Agustus 2021 - 15:15 WIB

Trending di Ragam