7 Cara Agar Kulit Tetap Terawat Selama Puasa


Kulit
Pixabay/6335159

BANDUNG NEWS – Menjaga wajah agar tetap segar dan cerah selama berpuasa sesuatu yang susah-susah gampang. Karena kalau tidak di kerjakan ya tidak mungkin bisa terwujud.

Salah satu cara menjaga kecantikan kulit dengan memperhatikan pola makan dan tidur, serta perawatan yang tepat.

Faktor tersebut harus benar-benar di perhatikan jika kamu ingin wajah tetap segar dan cerah selama berpuasa dan saat lebaran nanti.

Tak dapat di pungkiri, ketika selama menjalankan ibadah puasa kulit tampak kering dan kusam. Namun hal itu harus di sikapi ya agar tidak terlarut sampai hari lebaran.

Berikut kami rangkum cara menjaga kulit tampak cantik selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

1. Mencuci Muka Secara Teratur

Mencuci wajah secara teratur akan menghilangkan kotoran dari wajah dan bakteri. Lakukan hal itu secara teratur agar kecantikan kulit terjaga di bulan Ramadan.

Baca Juga:  10 Ucapan Selamat Idul Fitri dalam Bahasa Inggris

Kemudian gunakanlah pembersih wajah dengan bahan ringan, mengandung stearyl alcohol guna menjaga kesehatan kulit dengan baik dan tidak menimbulkan iritasi.

2. Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

Pelembap dan tabir surya dapat menghidrasi kulit anda ketika puasa. Jika Anda memiliki kulit kering, gunakan krim atau minyak khusus wajah. Sedangkan untuk jenis kulit berminyak, gunakan pelembab berbasis gel yang tinggi hidrasi.

3. Menggunakan Masker Wajah

Pemakaian Masker wajah secara teratur akan menjaga kecantikan kulit di bulan Ramadan. Di anjurkan menggunakan masker sekali atau dua kali seminggu.

Selain itu, manfaat masker wajah dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat. Sehingga kulit akan terasa lebih halus dan terlihat lebih bercahaya

Baca Juga:  Dari Mana Kata 'Mudik' Berasal? Cek Faktanya
4. Menjaga Asupan Cairan

Penting sekali ya menjaga kulit agar tetap terhidras. Karena tidak hanya tubuh yang perlu terhidrasi, kulit juga membutuhkan asupan cairan saat puasa. Apalagi, saat puasa, selama lebih dari 12 jam kamu harus menahan lapar dan haus.

Cukupi kebutuhan cairan Anda saat berbuka puasa hingga sahur. Anda bisa terapkan rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.

5. Konsumsi Makanan Kaya Serat seperti Buah-buahan

Cara selanjutnya untuk menjaga kecantikan kulit di bulan Ramadan dengan mengonsumsi makanan kaya serat. Seperti antioksidan, seperti buah beri, kacang almond, coklat dan buah delima dan sayur-sayuran.

Baca Juga:  10 Ucapan Selamat Idul Fitri dalam Bahasa Inggris

Anda bisa memilih Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin. Buah yang banyak mengandung air di ajnurkan, karena dapat menutrisi kulit. Anda bisa memilih buah dengan alternatif lebih murah seperti semangka, stroberi, atau tomat.

6. Rutin Berolahraga

Walaupun tubuh kita tidak bertenaga ketika puasa. tapi untuk olahraga harus wajib ya. Apalagi bagi Anda yang menginginkan kulit cantik. Manfaatnya agar kulit tetap kencang tidak keriput. Bisa melakukan olahraga minimal dua kali dalam seminggu.

7. Istirahat yang Cukup

Waktu istirahat yang kurang saat bulan puasa akan membuat kulit mengalami penuaan dini terutama mata area mata. Untuk itu, faktor yang penting menjaga kecantikan kulit di bulan Ramadan adalah pola tidur atau istirahat.