8 Tips Atur Pola Makan Sehat di Hari Raya Idul Fitri


Ketupat
(Foto: Instagram @aurorafoodart)

BANDUNG NEWS – Ragam makanan khas seperti opor ayam, semur daging dan aneka kue selalu menemani saat Hari Raya Idul Fitri 2021.

Melihat banyaknya makanan yang dihidangkan. Namun jangan sampai lupa untuk menjaga kesehatan dengan pola makan yang teratur.

Melansir dari PMJ News, sebanyak 8 tips mejagan pola makan agara tetap sehat.

1. Konsumsi Gula Berlebihan

Usai berpuasa sebulan penuh, makan terlalu banyak makanan manis bisa membuat mual dan sakit karena gula darah melonjak. Maka pastinya kamu tidak berlebihan mengonsumsi makanan bergula yang tersaji di saat Lebaran.

Baca Juga:  5 Dampak Negatif Sering Melakukan Prank Terhadap Anak

2. Makan Sayur

Mengonsumsi sayuran bisa saja terlewati ketika puasa, maka setelah sebulan penuh berpuasa ada yang sehat mengonsumsi sayuran karena akan memberi tubuh asupan vitamin dan mineral yang penting.

3. Makan seimbang

Pastikan ada protein, serta, karbohidrat, dan lemak pada piring makanmu. Ini akan mempertahankan pola makan seimbang.

4. Ambil dalam Porsi Kecil

Masalah seperti pencernaan perut kembung bisa dihindari jika kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit. Puasa sebulan penuh akan membuat tubuh terbiasa dengan pola makan yang berbeda.

Baca Juga:  4 Manfaat Makanan Mengandung Santan untuk Ibu Hamil

Makan dalam porsi kecil akan mencegah kekenyangan dan kondisi tak nyaman.

5. Konsumsi probiotik

Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi probiotik saat Lebaran. Ini akan membuat bakteri baik dalam sistem pencernaan tetap terjaga. Probiotik dapat ditemukan pada keju, yogurt, dan bawang.

6. Makan Sedikit dan Sering

Mungkin terasa sulit untuk menikmati tidak semua sajian Lebaran nan lezat. Tapi, lebih baik makanlah sedikit-sedikit dan sering untuk menghindari masalah sistem pencernaan atau masalah kesehatan lainnya. Perhatikan kebutuhan tubuh dan khusus untuk tak makan berlebihan.

Baca Juga:  4 Manfaat Makanan Mengandung Santan untuk Ibu Hamil

7. Hidrasi Tubuh

Saat berpuasa, tubuh cenderung tak terhidrasi dengan baik. Jadi, untuk cukup minum saat Lebaran. Ini akan mengembalikan kelembapan tubuh.

8. Kembali ke Pola Makan Normal

Tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan pola makan normal. Akan lebih baik jika memulai kembali pola makan normal sehari setelah Lebaran. Ini akan membantu kecukupan nutrisi di minggu-minggu setelahnya.[amt]