Arus Balik Lebaran 2021, Polisi Wajibkan Pemudik Bawa Surat Bebas Covid-19


Mudik
Ilustrasi Mudik. (Foto: Instagram @odikUul1)

BANDUNG NEWS – Mengantisipasi bertambahnya penyebaran virus Covid-19, pihak kepolisian akan meminta surat bebas Covid-19 di pos penyekatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan pihaknya telah menyiagakan personel untuk mengantisipasi arus balik Lebaran 2021. Kepolisian menyiapkan beberapa pos penyekatan.

“Tiap orang yang masuk ke Jakarta, mulai hari Minggu nanti akan kita lakukan pemeriksaan. Mereka harus bawa surat antigen dari daerah di mana mereka mudik untuk masuk ke Jakarta. Keterangan bebas Covid-19 berlaku 1×24 jam,” kata Kombes Yusri Yunus, dikutip dari PMJ News.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Upacara HUT RI Secara Vitual

“Satu di wilayah Cibatu di Tol Cikampek Km 34. Kemudian arteri itu di Jatiuwung dan Kedungwaringin,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Sukses Gelar Vaksinasi untuk Anak Usia 12-17 Tahun

Ia menambahkan, arus balik yang diprediksi akan mulai terjadi pada akhir pekan ini.

Dalam proses pemeriksaan arus balik libur Lebaran, Yusri menyebut pemudik yang akan masuk ke wilayah DKI Jakarta nantinya diperiksa kelengkapan surat bebas Covid-19 di pos penyekatan.

Pihaknya juga menyiapkan pos kesehatan berupa tes swab antigen drive-thru. Nantinya petugas akan melakukan tes swab di lokasi bagi warga yang tidak bisa menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19.

Baca Juga:  Layanan Isoman Hotel Bintang 3 Dikecam, Farhan: Tak Seharusnya Anggota DPR Diistimewakan

“Lalu kalau mereka tidak bisa bawa? Kita juga siapkan drive-thru di sana untuk mereka kita swab. Kalau mau lancar masuk Jakarta silakan swab antigen di daerahnya dulu,” pungkasnya.[amt]