Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Jabar · 24 Apr 2021 15:35 WIB

Bank BJB Dukung Realisasi Jabar Smart School Smart Clasroom (JS3C)


 Bank BJB Dukung Realisasi Jabar Smart School Smart Clasroom (JS3C) Perbesar

BANDUNG NEWS – Bank BJB berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mewujudkan program Jabar Smart School Smart Classroom (JS3C) dengan SMKN 1 Kota Cimahi sebagai pilot project. Acara peresmian program JS3C dilangsungkan di Aula SMKN 1 Cimahi, Jalan Mahar Martanegara Kota Cimahi, Rabu 21 April 2021.

Acara tersebut juga sekaligus merupakan peresmian program Center of Excellance (CoE) yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Acara peresmian dihadiri oleh Asisten Daerah bidang Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi serta jajaran bank bjb dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Baca Juga:  Atalia Ridwan Kamil Ajak Kader PKK se-Jabar Berkontribusi Cegah Covid-19

Adapun Smart School merupakan program perubahan proses pendidikan di sekolah dari pembelajaran konvensional menjadi digital. Teknologi ini memungkinkan proses pembelajaran dilakukan secara digital dengan mengoptimalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Sementara Smart Classroom adalah ruangan kelas yang di desain agar dapat menunjang proses pembelajaran menggunakan TIK. Sebagai pilot project, terdapat dua Smart Classroom yang dibangun di SMKN 1 Cimahi.

Dua ruang tersebut digunakan untuk pembelajaran keahlian bidang mekatronika dan teknik otomasi industri (TOI). Fasilitas Smart Classroom yang dihadirkan meliputi internet of things (IoT) controller, smart board, learning management system, absensi yang terintegrasi dengan pintu masuk, hingga fasilitas lainnya yang menunjang blended learning—yakni gabungan pembelajaran jarak jauh dan tatap muka.

Baca Juga:  Pasca – Banjir di Sukabumi, Ridwan Kamil Minta Masyarakat Waspada Memasuki Musim Hujan

“JS3C adalah program yang penting untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah saat ini. Tanpa digitalisasi, mustahil kita dapat mengejar masa depan. Konsep ini diharapkan bisa diimplementasikan dan dikembangkan oleh berbagai SMK lainnya untuk menjadi SMK hebat, SMK juara, dan SMK yang kuat,” ungkap Asda I Jabar Dewi Sartika.

Hal serupa juga disampaikan Kadisdik Jabar Dedi Supandi. Dia mengatakan konsep JS3C sangat penting untuk mulai diadopsi oleh berbagai sekolah. Terutama di masa pandemic Covid-19.

“Masa pandemi Covid-19 menyadarkan kita akan pentingnya sebuah kecerdasan digital yang memungkinkan sekolah melaksanakan pelayanan pendidikan secara efektif dan efisien. Untuk itu terobosan JS3C hadir untuk memudahkan guru dan siswa agar dapat belajar dengan lebih inovatif,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bersama Pemkab Indramayu, Bank Bjb Luncurkan E-Retribusi QRIS dan Program Kruwcil v

bank bjb menyambut baik segala upaya percepatan digitalisasi dan inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan siap mendukung seluruh kegiatan Program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Hal tersebut disampaikan Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto

“Terlebih, program ini sejalan dengan program Go Smart City bank bjb sehingga diharapkan dapat melahirkan SDM Jawa Barat yang terampil, kreatif, inovatif, mandiri dan kolaboratif. Inovasi teknologi adalah kata kunci untuk dapat beradaptasi di era disrupsi seperti saat ini,” ungkapnya.

(riv)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Digelar di Ponpes Miftahul Huda, GMP Berbagi Berlangsung Khidmat

28 November 2022 - 23:25 WIB

GMP Berbagi

Jabar MoU dengan Pemerintah Pusat, Komitmen Pengelolaan Sampah Citarum

19 November 2022 - 07:46 WIB

Ridwan Kamil Minta Polemik Pembangunan Masjid Margonda Depok di Musyawarahkan Sebaik Mungkin

18 November 2022 - 08:08 WIB

Wagub Jabar Lepas Ekspor Tanaman Hias di CPF 2022

11 November 2022 - 12:28 WIB

Atalia Praratya Raih Penghargaan Kategori Promoter Literacy di IKAPI Awards 2022

10 November 2022 - 07:36 WIB

Jabar Data Viz Festival Ajak Warga dan ASN Jadi Agent of Change

8 November 2022 - 08:07 WIB

Trending di Jabar