BMKG Prediksi Hujan Lebat Bakal Terjadi Pada Malam Idul Fitri


Mudik
Ilustrasi Mudik. (Foto: Instagram @odikUul1)

BANDUNG NEWS – BMKG memprediksi hujan lebat bakal menguyur sejumlah wilayah di Indonesia pada malam Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Selain itu, berdasarkan hasil analisis BMKG, potensi hujan lebat hingga sedang mulai akan terlihat pada 10-12 Mei.

Beberapa wilayah yang terdampak, antara lain Aceh, Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Baca Juga:  Jelang PTM Satgas Covid-19 Minta Semua Guru Divaksin Covid-19

Ada pula Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua

“Di sini di Bengkulu, sekitar Padang kemudian juga di Kalimantan Utara, kemudian di Sulawesi Barat, kemudian Sulawesi Selatan bagian Utara,” kata Guswanto, dilansir dari PMJ News.

Baca Juga:  Resmi, Pemerintah Terbitkan Aturan Perekrutan CASN, Cek Disini Syaratnya

“Kondisi atmosfer yang masih labil pada skala lokal juga mampu meningkatkan potensi konvektif kuat yang menyebabkan pembentukan awan hujan menjadi lebih intensif di beberapa wilayah Indonesia,” katanya.

Dia menambahkan, masih ada sejumlah wilayah yang juga kemungkinan bakal diterpa cuaca ekstrem pada masa tersebut, termasuk di wilayah Banten.

Beragam kondisi dan fenomena alam juga menerpa wilayah di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir seperti atmosfer-laut menunjukkan fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO).

Baca Juga:  Intruksi Menag ASN Wajib Upacara Bendera Setiap Tanggal 17

Selain itu, terdapat juga fenomena gelombang Ekuatorial lainnya, seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial dan pola sirkulasi siklonik di Laut Sulu dan Papua Barat yang dapat membentuk pertemuan dan perlambatan kecepatan angin.[amt]