Menu

Mode Gelap
 

Events · 27 Mei 2022 13:12 WIB

BNPB Pamerkan Produk UMKM Terdampak Bencana


 BNPB Pamerkan Produk UMKM Terdampak Bencana Perbesar

BANDUNG NEWS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) melalui Direktorat Pemulihan Peningkatan Sosial Ekonomi dan SDA, Kedeputian Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi, kembali berpartisipasi dalam kegiatan pameran dalam rangka mempromosikan dan memberikan dukungan pemasaran produk-produk UMKM dari hasil pendampingan terhadap kelompok terdampak bencana di berbagai daerah di Indonesia.

Event pameran yang diikuti pada kesempatan kali ini adalah  Gebyar Produk Unggulan Pariwisata dan Investasi Daerah di Bandung yang dilaksanakan pada tanggal 26 – 29 Mei 2022.

Kerjasama dengan Perguruan Tinggi

Kegiatan yang selama ini sudah dilaksanakan BNPB dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana, adalah melakukan layanan pendampingan pemulihan dan peningkatan sosial, ekonomi dan SDA pascabencana.

Kegiatan pendampingan ini, bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi negeri, terutama di wilayah yang pernah terjadi bencana masif  yang mengakibatkan dampak ekonomi pada masyarakat.

Baca Juga:  Rentan Alami Stres, Mahasiswa Jangan Ragu Untuk Cari Pertolongan

Beberapa perguruan tinggi tersebut, diantaranya, Universitas Hasanuddin (Sulsel), Universitas Tadulako (Sulteng), Universitas Mataram (NTB), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Banten), Institut Pertanian Bogor (Jawa Barat), Universitas Lampung (Lampung), Universitas Bengkulu (Bengkulu) dan Universitas Jenderal Sudirman (Jawa Tengah).

Melalui kegiatan pendampingan ini, diharapkan dapat membangkitkan dan memulihkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat yang terganggu akibat bencana sehingga dapat memperoleh sumber pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui produk-produk yang dihasilkan.

“BNPB berupaya membantu kelompok terdampak bencana di Indonesia agar tetap produktif. Kegiatan yang dilaksanakan adalah pendampingan pascabencana oleh BNPB dengan menggandeng sejumlah mitra perguruan tinggi, terutama perguruan tinggi yang berada di wilayah bencana masif,” demikian disampaikan Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan SDA, Dra. Andi Eviana, M.Si. saat mengunjungi stand pameran BNPB dalam Gebyar Produk Unggulan Pariwisata dan Investasi Daerah di Festival Citylink, Bandung, Kamis, (26/5/2022).

Baca Juga:  Melalui program “Senyummu Matahariku” Matahari Berikan 1000 Pakaian untuk Anak Yatim

Kegiatan pendampingan BNPB dengan mitra perguruan tinggi di wilayah pascabencana, ditambahkan Eviana, terdapat beberapa model, disesuaikan kondisi, baik sumber daya alam, sumber daya manusia dan potensi ekonomi yang ada agar dapat dikembangkan oleh kelompok terdampak bencana.

Misalnya, dengan pendekatan partisipatif, pengabdian, kajian need assesment hingga kolaborasi. Hasilnya, kelompok-kelompok masyarakat terdampak bencana di berbagai daerah dapat tetap produktif dengan menghasilkan produk-produk usahanya.

Dukungan Pemasaran (Duksar)

Kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana bidang ekonomi yang sudah dilaksanakan BNPB, mulai memperlihatkan keberhasilannya. keberhasilan ini perlu disampaikan ke masyarakat luas baik perorangan atau kelompok usaha.

“Salah satu cara yang dilaksanakan oleh Direktorat Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan SDA, BNPB, untuk mempublikasikan hasil kegiatan Pendampingan Ekonomi pascabencana melalui kegiatan dukungan pemasaran (duksar)” ujar Evi.

Baca Juga:  Hari Peduli Sampah Nasional 2022: KFC Indonesia dan Divers Clean Action Lakukan Kegiatan Bersih Pantai dan Laut di 10 Provinsi

Menurutnya, ada beragam produk kelompok terdampak bencana yang menjadi binaan BNPB akan dihadirkan dari beberapa daerah , mulai Jawa Barat, Banten, NTB, Lampung, Bengkulu hingga Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Produk-produk yang dipamerkan, terdiri aneka kopi, olahan coklat, olahan ikan, madu, makanan ringan, fashion dan kerajinan.

“Untuk tahun 2022 ini, BNPB ada dua kegiatan pameran. Dan, dalam Gebyar Produk Unggulan Pariwisata dan Investasi Daerah di Bandung ini adalah yang pertama. Melalui pameran ini diharapkan, pertama, dapat meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produk-produk kelompok usaha masyarakat yang terdampak bencana hasil Pendampingan Ekonomi Pascabencana BNPB, dan kedua, memfasilitasi peningkatan jejaring pemasarannya,” pungkas Evi.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

XL Axiata Fasilitasi 660 Mitra Penjualan Pulang Kampung

27 April 2022 - 21:11 WIB

Jelang Penyelenggaraan PESPARAWI NASIONAL XIII, Pemprov Yogyakarta Gencarkan Sosialisasi kepada Masyarakat

21 April 2022 - 22:04 WIB

Hari Peduli Sampah Nasional 2022: KFC Indonesia dan Divers Clean Action Lakukan Kegiatan Bersih Pantai dan Laut di 10 Provinsi

22 Februari 2022 - 01:15 WIB

Melalui program “Senyummu Matahariku” Matahari Berikan 1000 Pakaian untuk Anak Yatim

21 Desember 2021 - 18:48 WIB

Jenius Gelar Co.Creation Week 2021, Ajak Masyarakat Digital Savvy Berekreasi

26 November 2021 - 07:30 WIB

Jenius ingin mengajak masyarakat digital savvy Indonesia berekreasi menikmati beragam acara dan konten inspiratif

Rentan Alami Stres, Mahasiswa Jangan Ragu Untuk Cari Pertolongan

22 November 2021 - 11:21 WIB

Trending di Events