Boleh Berjualan Lagi, Pembukaan Kios di Kota Bandung Gunakan Sistem Ganjil Genap


Kios
Koordinator Aliansi Pasar Bandung, Rahmat Ari Andi, (Foto: net)

BANDUNG NEWS – Seluruh pasar yang berada dalam naungan Perumda Pasar Juara Kota Bandung sudah bisa beroperasi kembali sesuai Perwal nomor 78 tahun 2021.

Adapun pasar yang boleh beroperasi lagi tersebut, yakni yang berada dalam kewenangan Perumda Pasar Juara Kota Bandung, seperti Pasar Andir, Pasar Baru, Pasar Baltos, dan Pasar ITC Moh Toha.

Keputusan pengoperasian kembali pasar tersebut, seseui dengan pengumuman yang dilakukan oleh perusahaan Umum Daerah Pasar Juara Kota Bandung mengumumkan melalui surat edaran bernomor 511.2/693-PERUMDA.PJ/2021 yang menjelaskan hasil rapat pada Kamis (29/7/2021) bersama Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balaikota.

Baca Juga:  Kegiatan Swab Antigen Gratis  Guru Honorer di Bandung Berlangsung Hingga Lima Hari

“Waktu operasional pasar yang menjual non kebutuhan sehari-hari mulai buka pukul 04.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB,” ujar Koordinator Aliansi Pasar Bandung, Rahmat Ari Andi, dikutip dari jabarnews.com, Sabtu (31/1/2021).

Tak hanya itu, katanya, kapasitas pengunjung toko modern, kelontong, dan pasar yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi paling banyak 50 persen dari kapasitas ruangan

“Sesuai kewenangan, kami menetapkan sanksi berat bagi pelanggar ialah pencabutan izin usaha atau rekomendasi pencabutan izin usaha berupa pencabutan SSTU/SPTB,” ujarnya.

Herry juga meminta kepada para pedagang yang berada dalam naungan Perumda Pasar Juara Kota Bandung, untuk wajib sudah divaksin. Selain itu, sistem pembukaan kios nomor ganjil-genap sesuai dengan tanggal ganjil genap.

Baca Juga:  Antisipasi Banjir Pemkot Bandung Lakukan Pemeliharaan 48 DAS

“Edaran ini berlaku hari ini dan akan dievaluasi sesuai keputusan Wali Kota Bandung berkenaan perkembangan pandemi,” katanya.

Koordinator Aliansi Pasar Bandung, Rahmat Ari Andi menyambut baik atas edaran tersebut. Dia bersyukur atas diperbolehkannya para pedagang untuk berjualan kembali dengan syarat-syarat tertentu.

“Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga pedagang di Bandung bisa beraktivitas lagi dengan normal,” ujarnya.

Disisi lain, terkait persyaratan-persyaratan dalam edaran itu, Rachmat menegaskan para pedagang siap untuk mematuhinya semaksimal mungkin. Terkait kios yang buka berdasarkan ganjil genap sesuai tanggal, dia juga menyebut teknisnya akan dikoordinasikan kembali dengan pengelola di pasar masing-masing.

Baca Juga:  Disiplin Prokes, PTM di Kota Bandung Berjalan Lancar

“Intinya kami menerima persyaratan itu dengan sangat hormat dalam kebijakan dan sanksi yang dilihat secara situasional,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Perwakilan Pedagang Pasar Baru, Hisar Sitompul. Dia bersyukur atas diperbolehkannya kembali untuk berjualan meskipun masih berada di situasi pandemi.

“Kami bersyukur bahwa perjuangan kami selama ini menampakkan hasilnya. Tapi, perjuangan masih panjang. Penerapan protokol kesehatan merupakan tanggung jawab bersama ketika nanti sudah beroperasi lagi,” ujarnya.

(dra)