Boleh Dicoba, 4 Langkah Agar Anak Tidak Terpapar Virus Corona


Ilustrasi anak kecil yang taat protokol kesehatan agar tidak terpapar corona (Pixabay)

BANDUNG NEWS – Virus corona atau Covid-19 bukan hanya menyerang orang dewasa. Belakangan diketahui virus corona bisa juga menyerang daya tahan tubuh anak-anak.

Hal tersebut tentunya harus bisa diantisipasi oleh orang tua agar anaknya tidak terpapar virus corona.

Mengutip dari Feminaindia, pada minggu 4 Juli 2021, berikut beberapa langkah untuk meningkatkan imunitas anak.

1. Ketahui Hal-Hal yang Menurunkan Imunitas
Sebaiknya pahami faktor-faktor yang menurunkan kekebalan tubuh seperti kekurangan nutrisi, akumulasi racun, ketidakseimbangan dalam mikrobioma usus, dan makan terlalu banyak makanan inflamasi
Selain itu, paparan medan elektromagnetik, kurang tidur nyenyak, kurangnya olahraga, kurangnya paparan sinar matahari, dan stres juga dapat memicu penurunan imunitas tubuh.

Baca Juga:  4 Tips Agar Pola Tidur Lebih Baik dan Tidak Sakit Kepala

2. Cukupi Nutrisi
Sebagai orangtua, memiliki tugas memastikan makanan sehari-hari anak kaya akan berbagai nutrisi penting; seperti protein, glukosa, lemak jenuh, asam lemak omega-3, vitamin D, magnesium, vitamin B kompleks, yodium, zat besi, dan lain-lain.

Untuk membangun sistem kekebalan yang kuat, sangat penting mengurangi gula olahan, tepung olahan, makanan olahan, minyak biji, minuman manis, kafein dalam makanan sehari-hari.

Tingkatkan konsumsi protein berkualitas baik seperti telur, kacang-kacangan, dan taoge dalam menu makanan si kecil. Kurangi asupan lemak berbahaya dan tingkatkan konsumsi lemak jenuh yang baik.
Penting juga menanamkan kebiasaan makan buah-buahan musiman pada anak setiap hari dan meningkatkan konsumsi biji-bijian yang kaya akan serat esensial.

Baca Juga:  4 Tips Agar Pola Tidur Lebih Baik dan Tidak Sakit Kepala

Disarankan juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak-anak dengan memberi mereka suplemen berkualitas baik untuk menggantikan nutrisi penting yang mungkin tidak tersedia dari makanan.

3. Perhatikan Kesehatan Usus
Jika anak-anak memiliki kesehatan usus atau masalah pencernaan yang buruk, mereka secara alami rentan terhadap serangan virus atau bakteri. 70 persen dari sistem kekebalan tubuh terletak di usus.

Data menunjukkan bahwa ada sistem kekebalan mikroba usus yang bekerja sama, berkomunikasi dengan tubuh untuk membunyikan alarm ketika lonjakan pertahanan diperlukan. Mikrobioma usus yang sehat adalah kunci penting untuk kesehatan anak secara

Baca Juga:  4 Tips Agar Pola Tidur Lebih Baik dan Tidak Sakit Kepala

4. Peduli Kesehatan Anak
Selain menjaga pola makan yang sehat, penting juga untuk memastikan berbagai aspek lain dari kehidupan anak melindungi mereka dari patogen yang mematikan.

Buat aturan bahwa anak menghabiskan setidaknya 1 jam setiap hari di bawah sinar matahari (paparan sinar matahari meningkatkan sistem kekebalan tubuh) dan libatkan anak pada permainan dan aktivitas di luar ruangan.

Orangtua juga dapat mengidentifikasi ruang di sekitar rumah karena kemungkinan infeksi di ruang terbuka dengan udara segar lebih minim. Berada di luar ruangan atau di alam terbuka memungkinkan anak-anak mendapatkan lingkungan mikrobioma yang lebih sehat.

[amt]