Buntut Pernyataan Rasis ke Warga Sunda, Phinera Wijaya Kecam Arteria Dahlan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

BANDUNG NEWS – Ucapan rasis yang dilontarkan Arteria Dahlan yang menyinggung bahasa Sunda kembali mendapat sorotan dan kecaman, salah satunya anggota DRPD Jawa Barat dari Fraksi Golkar Phinera Wijaya.

Menurut Phinera Wijaya pernyataan yang dilontarkan Anggota DPR RI Arteria Dahlan telah melukai hati masyarakat Sunda.

Pria yang akrap disapa Kang Icak menyayangkan atas pernyataan Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan yang meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin memecat seorang Kepala Kejaksaan Tinggi yang rapat menggunakan bahasa Sunda.

Menurut Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat ini, berbahasa Sunda atau daerah dalam rapat sebenarnya hal yang biasa.

“Jadi, bukan persoalan yang harus diperdebatkan”, ucapnya, Rabu 19 Januari 2022.

Dia meminta Arteria meminta maaf kepada seluruh masyarakat Sunda dan meminta agar tidak mengulangi tindakan seperti itu karena akan melukai hati masyarakat.

Lebih lanjut Kang Icak itu meminta Arteria Dahlan dapat mempertanggungjawabkan ucapannya tersebut.

“Saya meminta siapapun dia, kalau sudah merusak persatuan dan kebhinekaan NKRI harus meminta maaf,” jelasnya.

Diketahui bahwa Arteria Dahlan mengucapkan kata-kata yang menyinggung salah satu satu bahasa yakni bahasa Sunda.

Arteria menyatakan kalau masih ada masih ada pejabat negara yang menggunakan bahasa daerah yakni bahasa Sunda dalam sebuah rapat.

Arteria Dahlan mengungkapkan bahwa yang ia maksud itu adalah kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) di daerah salah satu daerah di jawa Barat yang berbahasa Sunda.

Tak sampai disitu, Arteria Dahlan meminta Kajati tersebut dicopot karena hanya menggunakan bahasa Sunda dalam sebuah rapat.*

Share.

Comments are closed.