Buya Syakur: Jangan Takut Ambil Keputusan

  • Bagikan
Buya Syakur
Salah satu ulama besar di Indonesia, K.H Abdul Syakur Yasin, MA atau Buya Syakur. @santibuyasyakur.

BANDUNG NEWS – KH. Buya Syakur Yasin membagikan cara untuk tetap bisa konsisten pada rencana  yang dibuat, kendati kamu masih menyimpan keraguan pada tujuan yang akan dipilih.

Kiyai Pengasuh Pondok Pesantren Candang Pinggan Indramayu itu menegaskan bahwa ketika kamu membuat berbagai pertimbangan yang menghasilkan kesimpulan, maka berusahalah untuk memilih keputusan itu, tidak perlu lagi mendengarkan pendapat orang lain.

“Ketika kita punya tujuan sesuatu, setelah kita pikirkan, pelajari dan pertimbangkan, dan menghasilkan kesimpulan A. Ya sudah, tetapkan itu sebagai tujuan hidupmu,” ujar Buya Syakur seperti yang dikutip Bandung News dari video yang diunggah di kanal Youtube KH Buya Syakur MA, Sabtu (3/4/2021)

Baca Juga:  Hati-hati, Ini Sebab Shalat Tidak Khusyuk Menurut Aa Gym

Buya Syakur menambahkan, ketika pilihan sudah dibuat, jangan sekali-kali meminta konfirmasi orang lain yang bisa memberi keraguan pada diri sendiri. Berusaha konsisten atas hasil pertimbangan sendiri sangat diperlukan. “Jangan meminta konfirmasi kepada orang yang menimbulkan keraguan dalam dirimu. (Misalnya) Anda sudah menentukan calon istri si A, jangan meminta pendapat orang lain apakah si A ini cantik atau tidak.”

Baca Juga:  Ini Arti Tawakkal Bagi Buya Syakur

“Mau mondok di Candang Pinggan,” lanjutnya, “gak usah Anda tanya kesana-sini bagaimana, gak usah. Lebih baik Anda datang sendiri dan putuskan bahwa anak saya akan disekolahkan di sini. Jangan membandingkan satu tujuan dengan tujuan lain jika kamu sudah yakin.”

Buya Syakur merasa heran jika ada orang yang tidak bisa mandiri dalam membuat keputusan, di mana dalam segala hal selalu meminta konfirmasi pada orang lain. Hal itu, dalam penilaiannya, yang dapat membuat hati seseorang tidak pernah merasakan kedamaian.

Baca Juga:  Doa Ziarah Kubur Lengkap Dengan Latin dan Artinya

“Apalagi ketika ada reaksi dari orang lain atas keputusanmu sehingga kamu jadi goyang lagi. Ujungnya apa? Bagaimana kata orang. Ini yang dapat membuat hati kamu guncang tidak pernah damai,” tuturnya.

(dra)

 

 

  • Bagikan