BANDUNG NEWS – Tak bisa dipungkiri, Ramadan membawa berkah tersendiri bagi para
pegiat UMKM halal, atau kerap disebut halalpreneurs. Berbagai peluang datang seiring dengan
tingginya permintaan pasar atas kebutuhan selama bulan puasa hingga lebaran.
Adapun tantangannya saat ini adalah bagaimana mempertahankan dan meningkatkan performa bisnis ini saat Ramadan usai. Untuk membantu para halalpreneurs agar bisa terus memaksimalkan
potensinya tak hanya di bulan Ramadan, Campaign.com bersama Xendit berkolaborasi lewat
serangkaian program #BuatBermakna.
Program #BuatBermakna telah berlangsung sejak penghujung April lalu, diawali dengan
webinar bertajuk “Bisnis Halal di Era Digital: Peluang dan Tantangan” yang dihadiri oleh
puluhan halalpreneurs.
Pada webinar ini hadir Fahmi Hendrawan, CEO sekaligus pendiri Fatih
Indonesia, sebuah brand busana muslim yang sudah cukup punya nama sebagai salah satu
pembicara.
Pada sesinya, Fahmi memaparkan beberapa poin penting seputar pengembangan
bisnis halal yang bisa dijadikan pelajaran oleh para peserta webinar. Salah satunya ialah soal
tantangan yang dihadapinya dan cara-cara jitunya mengatasi tantangan tersebut.
“Ramadan memang sudah seperti hajatan buat bisnis-bisnis halal, begitu pun dengan Fatih
Indonesia. Pastinya cukup menantang untuk mempertahankan kondisi seperti ini. Ada
beberapa cara untuk bisa terus berkembang sebagai bisnis halal, salah satunya adalah
diversifikasi produk atau strategi marketing,” ujar Fahmi.
“Contohnya, di bulan Ramadan kami fokus pada penjualan baju koko, dan di bulan-bulan lainnya kami tetap berjualan baju koko tapi cara pemasarannya beda; kami yakinkan pembeli bahwa baju-baju produk Fatih cocok untuk dipakai di berbagai occasion. Lalu kami juga mengeluarkan produk daily wear di luar bulan Ramadan. Intinya perlu banyak akal dalam berstrategi agar sebuah bisnis terutama UMKM bisa berkelanjutan,” Sambung Fahmi.
Paparan Fahmi juga menegaskan pentingnya dukungan berlanjut bagi para halalpreneurs, terutama mereka yang masih merintis agar bisnisnya dapat terus berkembang. Hal ini melandasi program #BuatBermakna untuk menggelar webinar-webinar edukatif lainnya.
Webinar terdekat akan dilaksanakan pada Jumat, 13 Mei 2022 pukul 15.00-17.00 WIB melalui platform Zoom dengan tema “Potensi Industri Halal dan Peluang Pendanaan” yang akan membahas potret industri halal di Indonesia dan bagaimana pertumbuhan industri ini mampu berkontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia.
Akan dibahas juga pentingnya bagi halalpreneurs untuk bisa mendapatkan pendanaan bagi keberlangsungan bisnis mereka dan bagaimana caranya untuk mendapatkan pendanaan tersebut. Muri Handayani, CEO Sekolah Bisnis Online (SBO) bersama Muhammad Triarso, CFP, WMI, Head Of Funding ALAMI akan hadir sebagai pembicara di webinar ini.
Webinar selanjutnya akan dilaksanakan pada Selasa, 17 Mei 2022 pada jam dan platform yang
sama dengan tema “Sertifikasi Halal: Cara Jitu Menaikkan Daya Saing Produk Halal”.
Dalam webinar ini peserta diberi kesempatan menyimak pemaparan materi terkait seberapa
pentingnya bagi pemilik usaha untuk memiliki sertifikasi halal terhadap produknya demi
pertumbuhan bisnis yang lebih baik dan juga terpercaya di mata konsumen serta mampu
bersaing dengan produk asing.
Pada webinar ini akan hadir pembicara Dr. H. Mastuki, M.Ag, Kepala Pusat Registrasi dan Sertifikasi Halal BPJPH Kementerian Agama dan Pelaksana Tugas Kepala BPJPH Kementerian Agama serta Dian Widayanti, seorang halal food influencer sekaligus pemilik salah satu bisnis katering halal Eatever Indonesia.
Untuk mengikuti kedua webinar ini, pelaku UMKM halal cukup mendaftarkan diri lewat bit.ly/buatbermakna.
Sementara itu, Sherly Wijayanti, Inbound Sales Coordinator Xendit menyatakan bahwa pihaknya
berkomitmen dalam mendukung pelaku bisnis.
“Kami melihat potensi yang sangat besar dari industri halal, bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Seperti yang kita tahu, salah satu kunci dalam meningkatkan kualitas dan daya saing bisnis adalah melalui digitalisasi. Karena itu Xendit berupaya untuk menjangkau pelaku bisnis seluas-luasnya, agar kami dapat membantu mereka dalam mendigitalisasi bisnis serta menyediakan solusi pembayaran, termasuk melalui kerja sama dengan Campaign.com ini,” tuturnya.
Senada dengan Sherly, Laras Sabila selaku Communications Manager Campaign.com menyatakan bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat membawa manfaat untuk para pegiat UMKM halal.
“Campaign.com selalu mendukung inisiatif-inisiatif baik dan ini bukan kali pertama kami berkolaborasi bersama Xendit. Oleh karena itu kami harap, seperti dalam kolaborasi-kolaborasi sebelumnya, akan tercipta dampak positif yang bisa dirasakan langsung oleh para pelaku UMKM Indonesia agar dapat semakin berkembang, berkontribusi membangun perekonomian negeri, dan mampu bersaing di pasar global,” pungkas Laras.