Catat 7 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita  Diabetes


Ilustrasi (Foto: Freepik).

BANDUNG. Pemilihan nutrisi untuk penderita diabetes sangat berbeda dengan orang yang sehat. Begitu seseorang didiagnosis menderita diabetes, mereka harus menjadi pemilih makanan selama sisa hidupnya.

Melansir dari Boldsky, pola makan yang seimbang dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes. Memilih makanan yang tidak tepat hanya dapat meningkatkan risiko penyakit lain seperti masalah jantung. Berikut ini makanan yang harus dihindari penderita diabetes untuk hidup sehat.

Kentang

Kentang tinggi pati dan memiliki indeks glikemik tinggi. Seperti kita ketahui, makanan tinggi indeks glikemik dikaitkan dengan risiko diabetes, konsumsi kentang yang tinggi dapat menyebabkan diabetes atau komplikasi terkait. Juga, kentang berada di bawah sayuran bertepung, itulah sebabnya ia dikeluarkan dari menu penderita diabetes.

Baca Juga:  Marriot Internasional Gelar Run to Give Virtual 2020

Pisang raja

Pisang raja termasuk dalam keluarga pisang yang kaya akan nutrisi penting. Meskipun rendah gula, namun lebih mengandung pati yang dapat berkontribusi pada risiko diabetes. Pisang raja dapat membantu mengelola diabetes tetapi jumlahnya yang besar dapat memiliki efek hipoglikemik.

Jagung

Jagung pada dasarnya dianggap sayuran yang manis. Meskipun kaya vitamin, mineral dan serat makanan, ini dapat meningkatkan kadar glukosa bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Konsumsi sirup jagung fruktosa tinggi bisa memicu diabetes.

Baca Juga:  Studi Unpad Ungkap Ekstrak Kulit Manggis Berpotensi Sebagai Anti-COVID-19

Produk daging

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Beberapa produk daging seperti daging sapi, dan domba mengandung protein tinggi tetapi dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi dalam proporsi yang lebih tinggi. Anda dapat menggatinya dengan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan lentil.

Buah-buahan Kering

Buah-buahan kering seperti kismis, plum, buah ara dan buah beri kering merupakan sumber antioksidan yang kaya dengan banyak manfaat kesehatan. Namun, mereka mengandung gula alami pekat dan kalori tinggi. Mereka dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

Baca Juga:  Ternyata 5 Makanan Ini Baik Untuk Kesehatan Mental

Aneka Jus Buah

Buah-buahan merupakan bagian penting dari diet diabetes, tetapi jus buah yang dibuat dari buah-buahan tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Saat buah diubah menjadi jus, serat di dalamnya rusak. Selain itu, tambahan gula bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

Minuman Energi

Minuman energi berbasis pasar mengandung pemanis buatan dan kafein dalam proporsi tinggi yang dapat meningkatkan kadar insulin selama berjam-jam setelah dikonsumsi. Hindari konsumsinya untuk mengatasi diabetes.

(Mil).


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win