Menu

Mode Gelap
 

News · 28 Mar 2022 23:09 WIB

Cegah Meningkatnya Penyalahgunaan Narkoba, BNN Rangkul Pelajar Melalui Festival Paduan Suara


 Gelorakan Semangat War on Drugs melalui Lantunan Melodi 
Perbesar

Gelorakan Semangat War on Drugs melalui Lantunan Melodi

BANDUNG NEWS – Ancaman peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika di kalangan generasi muda semakin mengkhawatirkan. Hasil riset yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) RI bersama Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan terjadi peningkatan prevalensi penyalahgunaan narkoba pada rentang usia 15-24 tahun.

Penelitian yang dilakukan tahun 2021 tersebut mencatat angka prevalensi penyalahgunaan narkoba pada rentang 15-24 tahun telah mencapai angka 1,96% sementara pada penelitian tahun 2019 sebesar 1,80%.

Baca Juga:  Merah Putih 'Berkibar' di Burj Khalifa dan Burj Al Arab

Melihat data tersebut upaya masif pencegahan dilakukan BNN RI dalam meredam semakin meningkatnya penyalahgunaan narkotika di kalangan muda. BNN RI menggandeng Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Bandung dan Bandung Choral Society berkolaborasi menyelenggarakan kompetisi paduan suara dengan menargetkan pelajar dan mahasiswa sebagai sasaran utama.

“Pencegahan penyalahgunaan narkotika tidak bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan pemerintah. Diperlukan kolaborasi dan komitmen dari seluruh elemen masyarakat dalam mencegah dan memberantas peredaran Narkotika,” uijar Deputi Pencegahan BNN RI, Irjen Pol Sufyan Syarif, Senin malam (28/3/2022)

Baca Juga:  Kembangkan IoT di Jaringan 5G, XL Axiata Jalin Kemitraan dengan IPB dan Polman Astra

Kompetisi yang mengangkat tema sing against drugs ini digelar selama empat hari dari tanggal 28 sampai dengan 31 Maret 2022 di auditorium UNPAR, Bandung, Jawa Barat. Sejumlah 50 tim paduan suara telah mendaftar dan siap bertanding dalam memperebutkan hadiah total senilai 150.000.000 rupiah.

Festival paduan suara ini merupakan salah satu strategi pendekatan soft power yang dilakukan BNN RI dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN). Kampanye P4GN dibalut dengan edukasi artistik dalam alunan melodi indah dan harmonis diharapkan dapat membawa gagasan dan pesan untuk mampu menggelorakan semangat kebangsaan dalam war on drugs atau perang melawan narkoba.

Baca Juga:  Pesawat BJ Habibie Dimuseumkan

Kegiatan kampanye melalui kompetisi sing against drugs menjadi bukti nyata BNN dalam kolaborasi dengan dunia pendidikan.

“BNN RI berharap kompetisi ini dapat mengajak seluruh civitas akademika khususnya pelajar/mahasiswa untuk bersama meredam ancaman peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika,” pungkasnya.

(AZL)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Arief Rosyid Ajak Majukan Ekonomi Syariah Usai Luncurkan Empat Buku dari Masjid

28 September 2022 - 14:26 WIB

Presiden Jokowi Sebut BSU Sudah Tersalurkan ke 7 Juta Pekerja

28 September 2022 - 09:43 WIB

Sedih, Begini Respon Dedi Mulyadi Usai Digugat Cerai Bupati Purwakarta

26 September 2022 - 20:08 WIB

Usai Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Kapolres Wonogiri Siaga Satu

26 September 2022 - 10:03 WIB

Ono Surono Buka Lomba Inovasi Menu Berbasis Pangan Lokal

18 September 2022 - 13:04 WIB

Pemkab Kolaborasikan TMMD dan Gempungan Demi Wujudkan Purwakarta Istimewa

12 Mei 2022 - 18:19 WIB

Trending di News