Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Uncategorized ยท 2 Apr 2021 06:00 WIB

Dengan Kolaborasi, Bandung Bisa Bebas ODF 100 Persen


 Dengan Kolaborasi, Bandung Bisa Bebas ODF 100 Persen Perbesar

BANDUNG NEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tetap konsen menciptakan kota sehat bebas ODF (Open Defecation Free) 100 persen. Di antaranya dengan melaksanakan berbagai kegiatan sosialisasi yang berfokus kepada mengubah perilaku masyarakat untuk tidak membuang air besar sembarangan.

Ketua Forum Bandung Sehat (FBS) Kota Bandung, Siti Muntamah Oded mengungkapkan, upaya sosialisasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan suatu bentuk keseriusan Kota Bandung untuk menghadirkan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Untuk itu wajib kepada seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan, partisipasi, sekaligus melakukan penyadaran secara mandiri untuk memenuhi kriteria hadirnya kota sehat,” terangnya di Balai Kota Bandung, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga:  Sambut Ramadan 1442 H, bank bjb Perluas Kerjasama dengan DMI Wilayah Jabar

Pemkot Bandung telah menertibkan bangunan liar di daerah bantaran sungai, serta mendorong setiap kewilayahan untuk menciptakan inovasi Bangkasep (Bangga Kagungan Septictank).

Di samping itu, terang Siti, dalam menciptakan kota sehat maka perlu dukungan dari sarana prasarana yaitu dengan menghadirkan 100 persen akses sanitasi yang layak.

Artinya seluruh keluarga di Kota Bandung harus memiliki akses terhadap jamban sehat dan tidak menyalurkan pembuangan kotorannya ke sungai atau hutan.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Tentukan Langkah Soal PSBB Besok

“Maka kami akan betkolaborasi dengan semua pihak yang ada di kota Bandung, mulai dari dunia usaha seperti mall-mall, pusat-pusat perbelanjaan ditambah juga dengan jasa untuk ikut membantu melakukan intervensi sekaligus membangunkan sarana dan prasarana,” tuturnya.

Sehingga, meski saat ini akses sanitasi baru mencapai 69,01 persen, namun Siti yakin dengan semangat kolaborasi, inovasi dan gotong royong seluruh target akan tercapai.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Cek Progres Dua Bendungan Kering

Di tempat sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Ahyani Raksanagara menyebutkan, untuk mempercepat mewujudkan kota bebas ODF, pihaknya telah melakukan perencanaan dan pemetaan wilayah dengan ODF tertinggi.

“Daerah mana yang harus digarap lebih cepat. Tapi kalau masalah hasil itu kita berproses,” tuturnya.

“Kita punya masalah ODF yang juga akan berdampak ke hal-hal lain seperti stunting dan juga ke yang lain. Jadi mari dukung sama-sama untuk menuju ODF 100%,” ajaknya.

(Mil)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Doakan Ganjar Pranowo, GMP Gelar Program Mengaji

24 November 2022 - 10:29 WIB

Cara Cek dan Registrasi IMEI Untuk Pelanggan XL Axiata

28 Oktober 2022 - 07:14 WIB

Fakta: Perempuan Lebih Mengingat Kata-kata Dibandingkan Laki-laki

19 Oktober 2022 - 09:05 WIB

3 Tersangka Judi Online Ditangkap, Polisi: Bukan Jaringan Apin BK

15 Oktober 2022 - 09:42 WIB

Hati-hati, BMKG Sebut Cuaca Ekstrem di Jawa Barat akan Terjadi Sepekan Kedepan

10 Oktober 2022 - 10:08 WIB

Rizky Billar Mangkir dari Pemeriksaan, Kedapatan Ngamuk di Media Sosial

10 Oktober 2022 - 09:48 WIB

Trending di Uncategorized