Menu

Mode Gelap
 

Uncategorized · 9 Jul 2022 19:00 WIB

Didera Thalasemia, Pemuda Asal Kabupaten Garut Raih Beasiswa S1


 Pemuda asal Kabupaten Garut, Sifa Maulana Sidiq. (Foto: Pemprov Jabar) Perbesar

Pemuda asal Kabupaten Garut, Sifa Maulana Sidiq. (Foto: Pemprov Jabar)

BANDUNG NEWS – Pemuda asal Kabupaten Garut, Sifa Maulana Sidiq (25) menghadapi thalasemia sejak dirinya berumur lima tahun dan ia kini bergabung sebagai anggota Yayasan Thalasemia Indonesia (YTI) Kabupaten Garut.

Sebagai thaller – sebuat penyandang thalasemia – ia mengatakan dirinya sempat merasa bosan karena harus rutin pergi ke Rumah Sakit untuk transfusi darah.

Dikutip Bandung News dari lama Pempro Jabar pada Sabtu, 9 Juli 2022, Sifa mengaku tetap bersemangat dan berharap bisa hidup sehat.

“Motivasi saya karena mikirnya gini, itu kan saya mempunyai kekurangan, saya penyandang thalasemia, tapi saya tidak terlalu dipikirin, saya mempuyai kekurangan tapi saya mikirnya ke depan jalani saja, saya ingin hidup sehat saya ini kuat,”

Pada tahun 2020 lalu, Sifa telah menyelesaikan D3 dari Program Studi Teknik Informatika melalui beasiswa selama 1 tahun yang diberikan oleh YTI Kabupaten Garut kemudian dilanjut dengan biaya oleh orang tuanya sendiri.

Baca Juga:  Berkontribusi Positif Pada Ekonomi Selama Pandemi, Ridwan Kamil Raih Penghargaan iNews Maker 2022

Setelah lulus dari jenjang D3, ia sempat menganggur dan melakukan beberapa pekerjaan bahkan sebagai ojek hutan di wilayah tempat tinggalnya di Kecamatan Cikajang. Selain itu, ia juga bekerja di salah satu radio yang ada di wilayahnya.

Dengan segala kegigihannya, ia berkesempatan mendapatkan beasiswa S1 di Universitas Garut (Uniga) yang diberikan oleh seorang dermawan, Empat Fatimah, Wakil Dekan III di Fakultas MIPA Uniga, bertepatan pada saat acara Halal Bi Halal YTI dan POPTI Cabang Garut.

Sifa mengaku sangat senang, karena ini merupakan mimpinya untuk bisa melanjutkan kuliah kembali ke jenjang S1. Menurutnya, ini adalah jawaban dari Allah SWT atas doanya untuk bisa kembali mendapatkan rezeki untuk menimba ilmu ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga:  BKKBN Gelar Jabar Sosialisasi Program Bangga Kencana di Purwakarta

“Seneng banget kaya berasa mimpi banget saya lulus kuliah tahun 2020 sekarang bisa kuliah lagi berasa mimpi banget, alhamdulilah malahan tadi tidak bisa menahan air mata tapi tidak di keluarkan di sini,”

Melihat apa yang sudah dicapai dan dilewatinya selama ini, Sifa berpesan kepada rekan seperjuangannya untuk selalu semangat dalam menjalani hidup. Ia juga berharap, YTI dan POPTI dapat lebih maju dan dikenal banyak orang. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk memeriksa darahnya sebelum menikah, agar tidak terjadi thalasemia bagi generasi selanjutnya.

Baca Juga:  Voting Bukan Budaya Asli Nusantara

“Jangan patah semangat untuk menjalani hidup, dan juga jalani hidup sesemangat mungkin dan berbahagia, mungkin karena kekuranganmu itu juga menjadi kelebihanmu,”

Sementara itu, ibunda dari Sifa Maulana Sidiq Nur Aisyah(40) merasa haru dan bahagia atas rezeki berupa beasiswa yang diberikan kepada anaknya. Ia merasa sangat bersyukur ada orang yang dapat menyekolahkan anaknya kembali, di tengah keterbatasan dan kemampuannya untuk bisa melanjutkan pendidikan anaknya ke jenjang S1.

“Harapanya saya sebagai orang tua sifa, tidak muluk-muluk. Pertama Sifa sehat, panjang umur, dan mungkin Sifa akan menikah seperti orang lain yang normal, sekarang Sifa menempuh jenjang pendidikan dan mudah-mudahan Sifa sehat, dimudahkan segala urusannya,” ujarnya.***

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Luis Milla: Marc Klok dan Rachmat Irianto Siap Tempur Lawan Persija

30 September 2022 - 12:56 WIB

KLHK Bakal Ampuni 73 Perusahan Sawit dan Tambang, Ono Surono: Tidak Ada Dasar Hukum

29 Agustus 2022 - 14:10 WIB

Stunting Masih Menjadi Masalah Kesehatan di Indonesia, Apa Upaya Pemerintah?

20 Agustus 2022 - 19:53 WIB

Raih Lencana Karya Bakti, Atalia: Hasil Kerja Bersama Seluruh Anggota Pramuka di Jabar

14 Agustus 2022 - 09:58 WIB

Jabar Kirim 558 Pramuka Terbaik ke Jambore Nasional

8 Agustus 2022 - 09:40 WIB

Jawa Barat dan Sumatera Barat Jalin Kerja Sama Sektor Pariwisata dan UMKM

8 Agustus 2022 - 09:35 WIB

Trending di Uncategorized