Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan · 9 Feb 2021 13:35 WIB

Dinkes Kota Bandung Optimis Vaksinasi Selesai Sesuai Target


 Ilustrasi Vaksinasi (WikiImages/ Pixabay) 
Perbesar

Ilustrasi Vaksinasi (WikiImages/ Pixabay)

BANDUNG NEWS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung masih optimis vaksinasi tahap I bisa selesai sesuai target. Meski pun penerima vaksinasi tahap I ternyata mengalami menambahan.

Menurut data per tanggal 8 Februari 2021, Kota Bandung telah melaksanakan vaksinasi hingga mencapai sekitar 91% atau total kurang lebih 27.600 orang (hasil total vaksinasi di fasilitas kesehatan dan vaksinasi masal) sasaran vaksin dari target yang telah ditentukan.

Seperti diketahui, sasaran awal penerima vaksin tahap I di Kota Bandung menurut SISDMK adalah sebanyak kurang lebih 23.000 penerima dengan dosis yang diterima oleh Kota Bandung adalah sebanyak 25.000 per dosis.

Namun pada kenyataannya, setiap hari terjadi penambahan data penerima vaksin di SISDMK hingga menyentuh angka sekitar 30.000 penerima.

Baca Juga:  BPK Lakukan Pemeriksaan Laporan Vaksinasi Covid-19 Pemkot Bandung

“Rekomendasi hasil konsultasi kami dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI adalah untuk menyelesaikan vaksinasi sesuai dengan data awal karena vaksin yang diberikan kepada kami pun sesuai dengan jumlah sasaran awalnya,” ungkap Kepala Dinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanegara, Selasa (9/2/2021).

Meskipun terjadi penambahan sasaran pada tahap I, Ahyani mengatakan optimis bahwa proses vaksinasi tahap I akan rampung sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan.

“Alhamdulillah hingga saat ini kami masih optimis bahwa progress tahap I ini masih sesuai dengan target yang diamanatkan yaitu hingga akhir Februari 2021,” katanya.

Baca Juga:  Indonesia – Jerman Kerja Sama Infrastruktur Hijau di Jabar

“Meski pun nanti mendekati akhir Februari masih ada sasaran yang belum menerima vaksin karena faktor tidak lolos screening dan lain lain, akan kami kejar terus untuk menyelesaikan proses penyuntikannya,” imbuh Ahyani.

Dinkes Mulai Siapkan Pendataan Penerima Vaksin Tahap II

Selain itu, Dinkes Kota Bandung juga sedang menyiapkan pendataan sasaran bagi penerima vaksin tahap II Kota Bandung yang direncanakan akan dimulai proses vaksinasinya pada Minggu ke-3 Maret 2021 mendatang.

Sasarannya yakni bagi para pelayan publik atau masyarakat yang memang bersentuhan langsung dengan khalayak publik, seperti TNI, Polri, dan instansi instansi lainnya.

Baca Juga:  Kasus Aktif Covid-19 di Kota Bandung Terus Berkurang, 6 Kecamatan Sudah Nol Kasus

“Pendataan ini akan kita tutup pada hari Kamis tanggal 11 Februari 2021. Data itu akan kita kirimkan kepada Kemenkes untuk dilakukan evaluasi,” tutur Ahyani.

Untuk itu, karena sasaran vaksinasi tahap II ini berpotensi sangat besar, Ahyani mengimbau kepada para penanggung jawab di instansi atau lembaga yang sesuai dengan kategori tahap II mendata anggotanya.

“Kami memohon bantuan kepada seluruh intansi vertikal, TNI, Polri, dan instansi lain termasuk kepada sasaran vaksin tahap 2 yakni pedagang pasar, ojek online, dan lainnya untuk segera melaporkan kepada kami sebelum batas waktu yang telah ditentukan,” pintanya.

(Mil)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Warga Maleer Kota Bandung Gelar Lomba Agustusan Hingga 10 September 2022

18 Agustus 2022 - 15:38 WIB

Wujudkan Bandung Agamis, Kecamatan Sukajadi Luncurkan Program ‘Sukajadi Mengaji’

18 Agustus 2022 - 15:29 WIB

Kembangkan Digital Banking, Disbudpar Kota Bandung Kolaborasi dengan KPJ

17 Agustus 2022 - 17:56 WIB

Dibagi 3 Pasukan, Berikut Daftar 99 Anggota Paskibra Kota Bandung

16 Agustus 2022 - 08:22 WIB

Sambut HUT RI ke-77, Sekda Kota Bandung Kukuhkan 99 Anggota Paskibra

16 Agustus 2022 - 08:12 WIB

Pemkot Bandung Gelar Pameran Produk UMKM di Kuta Bali

15 Agustus 2022 - 08:14 WIB

Trending di Kota Bandung