Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Kesehatan ยท 9 Feb 2021 13:35 WIB

Dinkes Kota Bandung Optimis Vaksinasi Selesai Sesuai Target


 Ilustrasi Vaksinasi (WikiImages/ Pixabay) 
Perbesar

Ilustrasi Vaksinasi (WikiImages/ Pixabay)

BANDUNG NEWS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung masih optimis vaksinasi tahap I bisa selesai sesuai target. Meski pun penerima vaksinasi tahap I ternyata mengalami menambahan.

Menurut data per tanggal 8 Februari 2021, Kota Bandung telah melaksanakan vaksinasi hingga mencapai sekitar 91% atau total kurang lebih 27.600 orang (hasil total vaksinasi di fasilitas kesehatan dan vaksinasi masal) sasaran vaksin dari target yang telah ditentukan.

Seperti diketahui, sasaran awal penerima vaksin tahap I di Kota Bandung menurut SISDMK adalah sebanyak kurang lebih 23.000 penerima dengan dosis yang diterima oleh Kota Bandung adalah sebanyak 25.000 per dosis.

Namun pada kenyataannya, setiap hari terjadi penambahan data penerima vaksin di SISDMK hingga menyentuh angka sekitar 30.000 penerima.

Baca Juga:  Sekda Kota Bandung Ungkap Angka Kematian Ibu dan Bayi Masih Tinggi

“Rekomendasi hasil konsultasi kami dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI adalah untuk menyelesaikan vaksinasi sesuai dengan data awal karena vaksin yang diberikan kepada kami pun sesuai dengan jumlah sasaran awalnya,” ungkap Kepala Dinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanegara, Selasa (9/2/2021).

Meskipun terjadi penambahan sasaran pada tahap I, Ahyani mengatakan optimis bahwa proses vaksinasi tahap I akan rampung sesuai dengan arahan dari Kementerian Kesehatan.

“Alhamdulillah hingga saat ini kami masih optimis bahwa progress tahap I ini masih sesuai dengan target yang diamanatkan yaitu hingga akhir Februari 2021,” katanya.

Baca Juga:  7 Manfaat Buah Naga untuk Menjaga Stamina Tubuh

“Meski pun nanti mendekati akhir Februari masih ada sasaran yang belum menerima vaksin karena faktor tidak lolos screening dan lain lain, akan kami kejar terus untuk menyelesaikan proses penyuntikannya,” imbuh Ahyani.

Dinkes Mulai Siapkan Pendataan Penerima Vaksin Tahap II

Selain itu, Dinkes Kota Bandung juga sedang menyiapkan pendataan sasaran bagi penerima vaksin tahap II Kota Bandung yang direncanakan akan dimulai proses vaksinasinya pada Minggu ke-3 Maret 2021 mendatang.

Sasarannya yakni bagi para pelayan publik atau masyarakat yang memang bersentuhan langsung dengan khalayak publik, seperti TNI, Polri, dan instansi instansi lainnya.

Baca Juga:  Kabar Buruk, 36 Kasus Positif Covid-19 Ditemukan Usai Libur Lebaran

“Pendataan ini akan kita tutup pada hari Kamis tanggal 11 Februari 2021. Data itu akan kita kirimkan kepada Kemenkes untuk dilakukan evaluasi,” tutur Ahyani.

Untuk itu, karena sasaran vaksinasi tahap II ini berpotensi sangat besar, Ahyani mengimbau kepada para penanggung jawab di instansi atau lembaga yang sesuai dengan kategori tahap II mendata anggotanya.

“Kami memohon bantuan kepada seluruh intansi vertikal, TNI, Polri, dan instansi lain termasuk kepada sasaran vaksin tahap 2 yakni pedagang pasar, ojek online, dan lainnya untuk segera melaporkan kepada kami sebelum batas waktu yang telah ditentukan,” pintanya.

(Mil)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Digelar di Ponpes Miftahul Huda, GMP Berbagi Berlangsung Khidmat

28 November 2022 - 23:25 WIB

GMP Berbagi

Bantu Rakyat Kecil, GMP Karawang Gelar Bazar Sembako Murah

27 November 2022 - 14:11 WIB

Jabar MoU dengan Pemerintah Pusat, Komitmen Pengelolaan Sampah Citarum

19 November 2022 - 07:46 WIB

Ridwan Kamil Minta Polemik Pembangunan Masjid Margonda Depok di Musyawarahkan Sebaik Mungkin

18 November 2022 - 08:08 WIB

GMP Jabar Gelar Program Peduli Kasih, 100 Warga Ikuti Pengobatan Alternatif Gratis

13 November 2022 - 11:24 WIB

Wagub Jabar Lepas Ekspor Tanaman Hias di CPF 2022

11 November 2022 - 12:28 WIB

Trending di Jabar