Doa Rasulullah SAW Menyambut Bulan Suci Ramadhan


Doa
Orang sedang berdoa. Pixabay/nasyid_rizki

BANDUNG NEWS  – Bulan Suci Ramadhan akan tiba dalam hitungan hari. Untuk menyambut kedatangannya, ada sejumlah doa yang selalu Rasulullah amalkan.

Nabi Muhammad SAW mengamalkan doa-doa menyambut bulan suci Ramadan sebagai contoh yang patut diikuti. Menginta beliau merupakan manusia yang paling dicintai Allah.

Berikut ini adalah doa yang dapat membuat umat muslim  merasa siap dengan kedatangan bulan Ramadan. Serta dipenuhi keberkahan dan syafaat Rasulullah.

Doa Rasulullah

Berdasarkan hadist riwayat Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami, berikut bacaan doa-doa menyambut bulan suci Ramadan yang diamalkan oleh Rasulullah SAW:

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Diriwayatkan Imam Abu Dawud, Rasulullah pernah berdoa:

Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā’a bi syahri kadzā.

Artinya: “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini.” (HR Abu Dawud)

(imam)