Menu

Mode Gelap
 

Ekbis · 9 Feb 2021 09:37 WIB

Dorong Percepatan PEN, bjb Optimalkan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat


 Dorong Percepatan PEN, bjb Optimalkan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat. (Foto: Istimewa) Perbesar

Dorong Percepatan PEN, bjb Optimalkan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat. (Foto: Istimewa)

BANDUNG NEWS – bank bjb terus menjaga komitmennya dalam mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah. Salah satu upaya tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) klaster kepada kelompok masyarakat tertentu.

“Penyaluran KUR Klaster dari bank bjb ini telah diterima oleh sejumlah pihak, termasuk para petani binaan CV Mutiara Bumi yang mengolah lahan pertanian jagung, Desa Pasir Munjul, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat,” Kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto, dalam keterangannya, Selasa (9/2/2021).

Untuk memastikan kelancaran usaha para petani sebagai penerima fasilitas KUR, bank bjb turut serta melakukan kunjungan ke lahan pertanian olahan dalam agenda monitoring dan evaluasi program KUR Klaster pada Jumat (5/2/2021) lalu.

Baca Juga:  bank bjb Salurkan Bantuan Tabungan SimPel untuk 200 Pelajar dari OJK

Kunjungan tersebut dilaksanakan oleh Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Gede Edy Prasetya, Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari beserta manajemen bank bjb dan Direktur CV Mutiara Bumi Hesti Yuliastanti.

Widi Hartoto bank bjb senantiasa hadir sebagai mitra setia pemerintah dan masyarakat untuk menggarap sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Para petani yang menjadi penerima fasilitas KUR merupakan salah satu kelompok masyarakat yang menjadi sasaran prioritas dalam penyaluran KUR Klaster ini.

“bank bjb akan terus memperkuat jalinan sinergi dengan pemerintah dalam mendukung penyaluran Kredit Usaha Rakyat ini. bank bjb juga akan terus melakukan perluasan jangkauan KUR agar dapat memberikan manfaat yang lebih optimal dalam upaya pemulihan ekonomi nasional,” kata Widi.

Baca Juga:  Wagub Jabar Tinjau Vaksinasi Covid-19 di Ponpes Miftahul Huda

bjb Berikan Dukungan Pembiayaan Bagi Petani

Pembiayaan KUR terhadap petani binaan CV Mutiara Bumi ini merupakan yang kesekian kalinya disalurkan bank bjb. Sebelumnya, bank bjb telah bekerja sama dengan CV Mutiara Bumi untuk memberikan dukungan pembiayaan bagi petani binaan yang tersebar di beberapa daerah, di antaranya Purwakarta, Indramayu, Majalengka, Surabaya, Tuban, Blora, Bojonegoro dan Semarang.

Salah satu strategi bank bjb dalam penyaluran KUR Klaster tersebut yaitu dengan skema kerja sama kemitraan, termasuk kerja sama yang dilaksanakan dengan CV Mutiara Bumi. Tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan skala usaha petani dengan metode kemitraan dari hulu hingga hilir, berupa dukungan dari awal masa tanam hingga penyerapan hasil panen, serta jaminan pengembalian modal atas gagal panen akibat serangan hama.

Baca Juga:  bank bjb Sambut Positif Dukungan Dewan Terkait Penambahan Modal Pemprov Banten

Keberhasilan bank bjb dalam menjalankan amanat pemerintah khususnya dalam penyaluran KUR ini tidak terlepas dari strategi penyaluran kredit yang dilakukan melalui pola kemitraan. bank bjb selalu memposisikan nasabah sebagai mitra yang memiliki keinginan untuk bertumbuh dan berkembang bersama. Karena itu, bank bjb juga melengkapi sokongan pendanaan dengan dorongan dalam bentuk edukasi dan pendampingan melalui Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT) sebagai sarana peningkatan kapasitas usaha.

(Mil)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Genap Berusia 6 Tahun, MEDIAJABAR.COM Gabungkan Jurnalistik dengan Sistem Teknologi Digital

18 Agustus 2022 - 11:07 WIB

Dihadiri Bupati Anne, DPRD Purwakarta Gelar Rapat Paripurna Terkait 2 Raperda

17 Agustus 2022 - 18:49 WIB

Wagub Jabar Dukung Program 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha di Kota Depok

16 Agustus 2022 - 11:00 WIB

Ridwan Kamil Hadiahi 72 Pengantin Baru Honeymoon di Hotel Berbintang

16 Agustus 2022 - 10:30 WIB

Revitalisasi Situ Ciburuy, Ridwan Kamil: Sekarang Sudah Terlihat Bersih

14 Agustus 2022 - 08:00 WIB

Menteri Koperasi dan UMKM Siap Permudah Akses Permodalan Usaha

13 Agustus 2022 - 18:11 WIB

Trending di Jabar