Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Ragam · 23 Mar 2021 19:57 WIB

DPR Minta KH. Syaikhona Kholil Dapat Gelar Pahlawan Nasional 10 November 2021


 Anggota Komisi 1 DPR RI dari fraksi NasDem, Muhammad Farhan (Foto: pinterest) Perbesar

Anggota Komisi 1 DPR RI dari fraksi NasDem, Muhammad Farhan (Foto: pinterest)

BANDUNG NEWS – Sosok ulama KH. Syaikhona Kholil Bangkalan Madura sebagai pejuang kemerdekaan mendapat dukungan dari berbagai tokoh mulai dari DPR RI hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk dinobatkan sebagai pahlawan Nasional.

Anggota Komisi 1 DPR RI dari fraksi NasDem, Muhammad Farhan menjelaskan, figur KH. Syaikhona Kholil layak mendapat gelar pahlawan Nasional karena kontribusinya dalam pergerakan merebut kemerdekaan dari penjajah dengan cara yang tak lazim di jamannya.

“Beliau berhasil menemukan cara komunikasi dan diplomasi yang mampu meyakinkan tidak hanya warga bangsa sendiri, tetapi juga meyakinkan administrasi pemerintahan Hindia Belanda sehingga pergerakan Nasionalisme Indonesia tidak diberangus dengan massive. Ditargetkan gelar Pahlawan Nasional ditetapkan pada Hari Pahlawan 10 November 2021,” ujar Farhan dalam keterangan persnya, Selasa (23/3/2021).

Baca Juga:  Ketiga Anak Widi Mulia Rilis Lagu Anak 

Farhan menilai, bangsa Indonesia yang pada saat itu berada dalam kondisi disudutkan dan didiktekan bangsa Eropa, menjadi tugas berat para Kiai. Selain KH. Syaikhona Kholil, tiga pendiri Nahdlatul Ulama yang merupakan muridnya yaitu KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab Chasbullah, dan KH Bisri Syansuri ikut berperan dan sudah mendapat gelar pahlawan Nasional.

DPR Berharap Presiden Segera Menyetujui

“Betapa besar pengaruh seorang Kiai pada keyakinan warga yang waktu itu masih buta identitas kebangsaan. Beliau lah yang menulis ‘Hubbul Wathon Minal Iman’. Cinta tanah air bagian dari iman, itu tulisan tangan beliau,” katanya.

Baca Juga:  Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Cegah Jerawat Muncul

Pihaknya berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menyetujui status pahlawan Nasional terhadap KH. Syaikhona Kholil. Menurutnya, studi atau kajian ilmiah dan dorongan publik menjadi salah satu faktor penting dalam penentuan status tersebut.

“Maka kita ingin mengajak semua warga untuk menyuarakan agar mendukung nama KH Syaikhona Kholil sebagai Pahlawan Nasional. Jadi ini adalah gerakan untuk mengingatkan agar pemerintah memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada KH. Syaikhona Kholil. Apalagu Beliau adalah Guru dari banyak pahlawan dan Waliyulloh di Republik ini,” katanya.

Baca Juga:  Bottlesmoker Sukses Gelar Konser untuk Tanaman 

Untuk diketahui, dalam sejarah perkembangan Islam di Indonesia, nama panjang ulama kharismatik itu adalah Al-‘Alim al-‘Allamah asy-Syekh Haji Muhammad Kholil bin Abdul Lathif Basyaiban al-Bangkalani al-Maduri al-Jawi asy-Syafi’i. Ia dikenal sebagai guru dari banyak ulama besar di Nusantara, di antaranya tiga pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asy’ari, KH Wahab Chasbullah, dan KH Bisri Syansuri. Tiga murid Syaikhona Kholil itu kini sudah bergelar Pahlawan Nasional.

(Mil)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Komunitas Kretek Gelar Bedah Buku Nicotine War Karya Wanda Hamilton di Unpad

3 November 2022 - 14:21 WIB

Rektor UICI Resmi Buka Digital Kampus Orientasi Mahasiswa Batch Tiga

21 September 2022 - 12:44 WIB

MoC Kini Hadir di 23 Paskal Shopping Center, Ada Koleksi Anti Baju Anti Bau hingga Promo Menarik

26 Juni 2022 - 07:23 WIB

UICI Kampus Digital Buka PMB Tanpa Tes, Ini Syarat Pendaftarannya

26 Januari 2022 - 18:05 WIB

Bandung Diciptakan, Saat Tuhan Sedang Tersenyum

16 Desember 2021 - 12:35 WIB

Kemenag Ganti Kartu Nikah dari Bentuk Fisik ke Digital

9 Agustus 2021 - 15:15 WIB

Trending di Ragam