Fakta: Perempuan Lebih Mengingat Kata-kata Dibandingkan Laki-laki

  • Bagikan
Ilustrasi (Pixabay)

BANDUNG NEWS – Pernah berjanji kepada perempuan dengan kalimat atau kata-kata?, Na jika janji itu tidak ditepati, maka perempuan akan selalu mengingatnya.

Hal itu diungkapkan berdasarkan sebuah studi baru menemukan bahwa perempuan lebih baik dalam menemukan dan mengingat kata-kata dibanding pria.

Para peneliti dari University of Bergen di Norwegia telah menganalisis hasil dari 168 studi tentang perbedaan gender dalam ‘kefasihan verbal’ dan ‘memori verbal-episodik’.

Kefasihan verbal adalah kosakata seseorang, sedangkan memori verbal-episodik adalah kemampuan untuk mengingat kata-kata yang pernah ditemui di masa lalu.

Baca Juga:  Paus Fransiskus Berharap Masyarakat Miskin Dapat Vaksin Corona Duluan

“Perempuan lebih baik. Keuntungan ini pada wanita akan konsisten sepanjang waktu dan rentang hidup, tetapi juga relatif kecil,” kata Marco Hirnstein, yang dikutip dari laman Daily Mail, Rabu, 19 Oktober 2022.

Dia melanjutkan sebagian besar kemampuan intelektual tidak menunjukkan perbedaan dalam kinerja rata-rata antara pria dan wanita.

Namun wanita unggul dalam beberapa tugas, sementara pria rata-rata unggul dalam tugas lainnya.

“Sejauh ini, fokusnya sebagian besar pada kemampuan di mana pria unggul. Namun, dalam beberapa tahun terakhir fokus telah bergeser lebih ke arah perempuan,” tambahnya.

Baca Juga:  M Farhan Minta PSSI Tidak Tutup GBLA Akibat Insiden Bobotoh Tewas

Sebelum penelitian mereka, analisis literatur terakhir yang menguji perbedaan gender dalam kefasihan verbal dan memori dilakukan pada tahun 1988. Namun saat itu ditemukan perempuan mendapat hasil yang lebih kecil. Hirnstein dan rekan-rekannya ingin hasil dan menemukan besarnya perbedaan saat ini.

Mereka melakukan ‘meta-analisis’ dari data gabungan dari semua tesis PhD, tesis master, dan studi yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah yang dapat mereka temukan. Ini mencakup data lebih dari 350.000 peserta yang diambil selama 50 tahun terakhir.

Baca Juga:  Absen di Laga Perdana, Febri Hariyadi Siap Bangkit

Para peneliti juga melihat bagaimana hasil studi terkait dengan jenis kelamin penulis pertama atau terakhir, tahun publikasi dan usia peserta.

Hasil yang diterbitkan dalam Perspectives on Psychological Science menemukan keuntungan kecil namun konsisten bagi wanita ini berada dalam kefasihan verbal dan memori verbal.

Selain itu mereka menemukan bahwa keunggulan wanita tergantung pada jenis kelamin yang ditemukan oleh ilmuwan terkemuka. lmuwan wanita melaporkan keuntungan yang lebih besar, sementara ilmuwan melaporkan pria yang melaporkan keuntungan lebih kecil.

 

  • Bagikan