Menu

Mode Gelap
 

Jabar · 18 Agu 2022 11:07 WIB

Genap Berusia 6 Tahun, MEDIAJABAR.COM Gabungkan Jurnalistik dengan Sistem Teknologi Digital


 Genap Berusia 6 Tahun, MEDIAJABAR.COM Gabungkan Jurnalistik dengan Sistem Teknologi Digital Perbesar

BANDUNG NEWS – Media Online asal  MEDIAJABAR.COM kini sudah genap berusia 6 tahun.

Media tersebut merupakan karya dari seorang pria asal Kabupaten Subang, Warlan Putra, seorang pemuda yang pernah mengenyam pendidikan IT.

Warlan mengakui, pada awal perjalannya, banyak sekali rintangan. Namun ia menikmati prosesnya hingga sukses membesarkan MEDIAJABAR.COM yang didirikannya.

“Namanya juga hidup, kadang ada belokan dikit, kadang kebanyak lurusnya. Tapi saya sangat menikmati prosesnya. Dari tahun 2016 sampai sekarang, lumayan banyak ilmu yang saya dapat,” kata CEO & Founder MEDIAJABAR.COM, Warlan Putra, Rabu 17 Agustus 2022.

Rupanya, media online di bawah PT Media Jabar Grup pada awalnya dirintis oleh tiga orang. Namun hingga kini hanya satu orang yang bertahan.

“Dua pendiri lainnya sudah lebih dulu dipanggil Tuhan. Kadang saya suka ketawa, dulu tahun 2016, saya menyampaikan ide saya soal media online ini (MEDIAJABAR.COM) kepada dua teman saya itu. Mereka sangat mendukung. Padahal saya tahu waktu itu, media online masih belum di kenal publik,” katanya mengenang masa-masa awal media online dibangun.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Varian Omicron Meningkat, Menkes Ingatkan Hal ini

Tidak banyak hal yang didiskusikan waktu itu, dirinya langsung mengeksekusi ide tersebut. Dan pada 17 Agustus 2016 media online yang kantor pertamanya di depan Kampus Universitas Subang itu diluncurkan.

“Awalnya saya nebeng di kantor salah satu pendiri depan Unsub, barengan sama media lain, kerennya sekber (sekretariat bersama). Sekitar setahun kalau gak salah. Kemudian pindah,” katanya.

Tidak terasa media online ini terus tumbuh dan berkembang. Bahkan diluar prediksi. “Yang awalnya modal bambu runcing, sedikit demi sedikit terus tumbuh. Walaupun tidak signifikan,” katanya.

Sejak awal berdiri, MEDIAJABAR.COM memang berfokus kepada berita-berita ringan yang jarang disuarakan. Kemudian seiring berjalannya waktu ada penambahan rubrik baru.

Baca Juga:  Ayah yang Aniaya Bayi Berusia 7 Bulan di Depok Diburu Polisi

“Ide awalnya, saya ingin memberi tempat untuk teman-teman saya, masyarakat kalangan bawah yang punya ide dan gagasan tapi ada kesulitan bersuara. Cuma itu, berita lain cuma selingan,” katanya.

“Bahkan sebelum dua teman saya meninggal dunia. Sudah ada pikiran untuk membuat media kolaborasi, bahkan sempat dilaunching, tapi Tuhan berkehendak lain. Itu saking inginnya kita menjadi media pro kalangan bawah,” katanya.

Diusia ke-6 tahun. Warlan menegaskan bahwa media yang dia bangun akan tetap sesuai dengan ide awal.

“Ya, walaupun ide saya ini tidak ramah sponsor, tapi akan saya tetap pertahanan,” tegasnya.

Sepanjang perjalanan selama 6 tahun, dirinya mengklaim menjadi media terdepan menggabungkan jurnalistik dengan perkembangan teknologi masa kini. Sesuai dengan yang sudah dia pelajaran secara formal.

“Kita mengikuti perkembangan arus teknologi yang begitu cepat. Kita ada podcast, ada juga konten video dan lain sebagainya. Jadi suara-suara itu tidak hanya bisa diakses di website saja, tapi dibanyak platform,” katanya.

Baca Juga:  Ini Keunggulan Jabar di Mata Investor

MEDIAJABAR.COM juga menjadi salah satu media di Kabupaten Subang yang tidak sungkan berkolaborasi dengan media mainstream lokal lainnya.

“Kita rutin berkolaborasi dengan teman-teman yang sama-sama merintis media lokal. Kita bertukar ide dan gagasan, apalagi kan model bisnis media online ini masih meraba-raba. Ini sebuah tantangan,” katanya.

Terakhir diusianya yang ke-6 tahun ini ada sebuah rencana besar yang saat ini tengah dilakukan oleh timnya. “Doakan semoga kami tetap menjadi media yang tetap konsisten memberikan informasi yang berimbang sesuai dengan kode etik,” katanya.

“Kemudian kami juga sebisa mungkin akan terus membangun ekosistem media online ini di seluruh wilayah Jabar. Tentunya ini butuh kerja kerasa semua tim, dari tim redaksi hingga tim bisnis,” tegasnya.***

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Ade Kaca Sebut PKK Ujung Tombak Keutuhan NKRI

24 September 2022 - 16:00 WIB

DPRD Jabar Minta Rencana Peralihan Kompor Gas ke Listrik Jangan Sebatas Pencitraan

23 September 2022 - 16:42 WIB

Ketua DPRD Jabar Minta Penyaluran BLT BBM Terus Diawasi

23 September 2022 - 15:50 WIB

DPRD Jabar Berharap Pengembangan Desa Wisata Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi

23 September 2022 - 15:26 WIB

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, DPRD Jabar Berharap Pelajar Kenal dengan Calon Pemimpin 2024

23 September 2022 - 15:02 WIB

Garap Perda Wisata, DPRD Jabar Gelar Studi Komparasi dengan Pengelola Ancol

23 September 2022 - 14:33 WIB

Trending di Jabar