DPRD Ingin Peran BPR dan Bank BJB Optimal Dalam Peningkatan PAD Jawa Barat


Komisi III DPRD Jabar melakukan serangkaian kunjungan kerja ke Jawa Tengah dan Provinsi Bali.

BANDUNG NEWS – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menginginkan agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Jawa Barat dapat ditingkatkan baik itu melalui optimalisasi peran Bank Perkreditan Rakyat (BPR) maupun Bank BJB.

Untuk itu Komisi III Bidang Keuangan DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan serangkaian kunjungan kerja ke Jawa Tengah dan Provinsi Bali.

Di Jawa Tengah, Pansus Bank Perkreditan Rakyat atau BPR mengunjungi Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Tengah di Kota Semarang, Selasa 22 Desember 2020.

Dalam kunjungan tersebut DPRD Provinsi Jawa Barat sedang mencari perbandingan dan masukan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Tujuannya untuk melakukan optimalisasi BPR dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Salah satu Anggota DPRD Jawa Barat Hj. Gina Fadlia Swara, S.E., MM mengatakan dalam kunjungan tersebut dibahas rancangan peraturan daerah atau Raperda tentang Perubahan Bentuk Hukum Perusahaan Daerah BPR Hasil Merger di Kabupaten Bogor, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Cirebon menjadi Perseroan Terbatas.

Kunjungan kerja tersebut juga terkait dengan pembahasan mengenai Raperda Penyertaan Modal Pemda Provinsi Jawa Barat pada PT BPR Bogor Jabar (perseroda), PT BPR Indramayu Jabar (perseroda) dan PT BPR Cirebon Jabar (perseroda).

Sementara dalam kunjungan kerja di Provinsi Bali pada pada Selasa dan Rabu 23 Desember 2020, Komisi III Bidang Keuangan DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Bank BJB Cabang Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

Dalam kunjungan tersebut, Komisi III DPRD Jawa Barat mendorong agar Bank BJB terus berinovasi agar eksis berdaya saing di luar Jawa Barat.

Gina mengungkapkan berdasarkan dari hasil evaluasi kinerja, BJB Cabang Badung dan Denpasar juga terdampak pandemi COVID-19, meski demikian kondisinya sudah mulai membaik.

“Tetapi saat ini sudah mulai membaik dan diharapkan target akhir tahun 2020 dapat tercapai sesuai rencana,” ujarnya.

Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat mendorong agar Bank BJB terus melakukan banyak inovasi guna mendorong eksistensi Bank BJB di luar Jawa Barat. Hal ini bertujuan agar Bank BJB mampu bersaing dengan bank daerah di wilayah tersebut.

Bank BJB didorong untuk meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan.

Komisi III DPRD Jawa Barat mendukung agar Bank BJB memperbanyak jumlah kantor cabang terutama di wilayah yang memiliki potensi nasabah dan perputaran uang yang besar.

Pasalnya Provinsi Bali merupakan daerah bisnis wisata sehingga Bank BJB harus aktif untuk mempromosikan pelayanan perbankan yang unggul.

“Saya berharap Bank BJB dapat meningkatkan transaksi perbankan dari segi teknologi informasi dan berpartisipasi dalam event-event daerah sehingga diharapkan perputaran keuangan di Provinsi Bali dapat menjadi sumber pendapatan untuk meningkatkan PAD Provinsi Jawa Barat,” ujar Gina.***

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win