Menu

Mode Gelap
 

Jabar ยท 20 Sep 2020 20:09 WIB

Gubernur Ridwan Kamil Minta Pasien Sembuh Covid-19 Donor Plasma Darah


 Plasma Darah/Net Perbesar

Plasma Darah/Net

BANDUNGNEWS.ID- Sejumlah daerah di Jawa Barat (Jabar) tengah mengembangkan terapi plasma darah untuk pengobatan pengidap COVID-19. Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun mendukung langkah tersebut.

Ridwan Kamil meminta pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 menyumbangkan darahnya untuk terapi plasma. Hal tersebut dapat membantu proses penyembuhan bagi pengidap COVID-19.

“Dalam mengobati yang sakit ini berbagai macam ikhtiar, ada yang obat dan plasma darah. Saya saksikan sendiri, penyintas ini khususnya TNI banyak yang menyumbangkan darahnya. Kepada yang sudah sembuh, sumbangkan darahnya. Karena ini sangat menolong,” kata Ridwan Kamil kepada awak media d Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (20/9/2020).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Targetkan Seluruh Desa di Jabar Miliki Penghapal Alquran

Selain meminta bantuan dari pasien COVID-19 yang sudah sembuh untuk menyumbangkan darahnya, pria yang akrab disapa Kang Emil ini meminta pemerintah daerah untuk tetap siaga mencegah penyebaran COVID-19.

“Harus terus tracing, kemudian tes swab minimalnya satu persen dari jumlah penduduk. Kalau Cirebon penduduknya 2 juta, jadi minimalnya 22.000 penduduknya harus diswab,” kata Emil.

Baca Juga:  Sektor Kesehatan Membaik, Ema Harap Kasus Covid-19 Segera Usai

Di tempat yang sama, Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan Pemkab Cirebon tengah mengembangkan terapi plasma di RSUD Waled. “Ada dua pasien yang menjalani terapi plasma di RSUD Waled,” kata Imron.

Imron mengatakan terapi plasma hanya dilakukan kepada pasien positif COVID-19 yang masuk kategori sedang dan berat. Dalam artian, harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca Juga:  Gubernur Jabar Mulai Rangkaian sebagai Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Sementara itu, Imron juga mengatakan pihaknya telah mencapai target swab untuk satu persen penduduknya. “Ternyata kita sudah melebihi target satu persen. Sekarang sudah sekitar 22.900 orang yang diswab,” kata Imron.

Imron menambahkan Pemkab Cirebon telah memesan 8.000 reagen untuk swab lanjutan. Pihaknya akan terus melakukan tracing terhadap warga yang sempat kontak dengan pasien positif. “Akan terus kita lakukan sampai Corona hilang,” katanya. [red]

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Revitalisasi Situ Ciburuy, Ridwan Kamil: Sekarang Sudah Terlihat Bersih

14 Agustus 2022 - 08:00 WIB

Menteri Koperasi dan UMKM Siap Permudah Akses Permodalan Usaha

13 Agustus 2022 - 18:11 WIB

Dorong Anggaran Panti Sosial, DPRD Jabar Soroti Aspek Sarana

12 Agustus 2022 - 22:56 WIB

Ridwan Kamil Luncurkan Program Tapal Desa

12 Agustus 2022 - 10:30 WIB

Komisi V Dorong Angggaran Perbaikan Untuk Panti Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia

11 Agustus 2022 - 15:24 WIB

Penopang Jembatan Cigereuh Kabupaten Bandung Rusak, Komisi IV DPRD Jabar Respon Rencana Perbaikan

11 Agustus 2022 - 15:20 WIB

Trending di Jabar