Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Jabar ยท 20 Sep 2020 20:09 WIB

Gubernur Ridwan Kamil Minta Pasien Sembuh Covid-19 Donor Plasma Darah


 Plasma Darah/Net Perbesar

Plasma Darah/Net

BANDUNGNEWS.ID- Sejumlah daerah di Jawa Barat (Jabar) tengah mengembangkan terapi plasma darah untuk pengobatan pengidap COVID-19. Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun mendukung langkah tersebut.

Ridwan Kamil meminta pasien yang berhasil sembuh dari COVID-19 menyumbangkan darahnya untuk terapi plasma. Hal tersebut dapat membantu proses penyembuhan bagi pengidap COVID-19.

“Dalam mengobati yang sakit ini berbagai macam ikhtiar, ada yang obat dan plasma darah. Saya saksikan sendiri, penyintas ini khususnya TNI banyak yang menyumbangkan darahnya. Kepada yang sudah sembuh, sumbangkan darahnya. Karena ini sangat menolong,” kata Ridwan Kamil kepada awak media d Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (20/9/2020).

Baca Juga:  Jadi Tersangka Ujaran Kebencian, Jerinx SID Dijebloskan ke Penjara

Selain meminta bantuan dari pasien COVID-19 yang sudah sembuh untuk menyumbangkan darahnya, pria yang akrab disapa Kang Emil ini meminta pemerintah daerah untuk tetap siaga mencegah penyebaran COVID-19.

“Harus terus tracing, kemudian tes swab minimalnya satu persen dari jumlah penduduk. Kalau Cirebon penduduknya 2 juta, jadi minimalnya 22.000 penduduknya harus diswab,” kata Emil.

Baca Juga:  Tempat Hiburan Langgar Prokes, GPAB Bentuk Tim Investigasi

Di tempat yang sama, Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan Pemkab Cirebon tengah mengembangkan terapi plasma di RSUD Waled. “Ada dua pasien yang menjalani terapi plasma di RSUD Waled,” kata Imron.

Imron mengatakan terapi plasma hanya dilakukan kepada pasien positif COVID-19 yang masuk kategori sedang dan berat. Dalam artian, harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Baca Juga:  Terapkan BLUD, Ridwan Kamil Optimis Pendidikan di Jabar Berkembang Pesat SMKN 9 Kota Bandung raup penghasilan Rp 2 miliar per tahun

Sementara itu, Imron juga mengatakan pihaknya telah mencapai target swab untuk satu persen penduduknya. “Ternyata kita sudah melebihi target satu persen. Sekarang sudah sekitar 22.900 orang yang diswab,” kata Imron.

Imron menambahkan Pemkab Cirebon telah memesan 8.000 reagen untuk swab lanjutan. Pihaknya akan terus melakukan tracing terhadap warga yang sempat kontak dengan pasien positif. “Akan terus kita lakukan sampai Corona hilang,” katanya. [red]

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Digelar di Ponpes Miftahul Huda, GMP Berbagi Berlangsung Khidmat

28 November 2022 - 23:25 WIB

GMP Berbagi

Bantu Rakyat Kecil, GMP Karawang Gelar Bazar Sembako Murah

27 November 2022 - 14:11 WIB

Jabar MoU dengan Pemerintah Pusat, Komitmen Pengelolaan Sampah Citarum

19 November 2022 - 07:46 WIB

Ridwan Kamil Minta Polemik Pembangunan Masjid Margonda Depok di Musyawarahkan Sebaik Mungkin

18 November 2022 - 08:08 WIB

GMP Jabar Gelar Program Peduli Kasih, 100 Warga Ikuti Pengobatan Alternatif Gratis

13 November 2022 - 11:24 WIB

Wagub Jabar Lepas Ekspor Tanaman Hias di CPF 2022

11 November 2022 - 12:28 WIB

Trending di Jabar