Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Opini ยท 8 Nov 2022 20:45 WIB

HARAPAN MUNAS 11 MN KAHMI: Di Antara Idealisme Gagasan dan Pragmatisme Ticket


 HARAPAN MUNAS 11 MN KAHMI: Di Antara Idealisme Gagasan dan Pragmatisme Ticket Perbesar

BANDUNG NEWS- Serasa Bernostalgia saat masih menjabat sebagai Sekretaris Umum HMI Cabang Malang Tahun 1997, saat itu menjelang kongres HMI di Yogyakarta, HMI Badan Koordinasi (BADKO) Jawa Timur, sibuk mengundang para Pimpinan Cabang untuk menggali Potensi Ide, dan Gagasan serta Fikiran yang akan di usung oleh gerbong Jawa Timur dalam kongres PB HMI di Yogyakarta tahun 1997.

Dalam pertemuan bolak balik dan berbulan – bulan itu, sama sekali tidak membicarakan siapa calon yang akan di usung dalam kongres, tapi lebih kepada menuangkan ide, gagasan dan fikiran cerdas yang bisa dituangkan untuk di bawa ke kongres, dan menjadi program Nasional PB HMI, dan ending nya goal masuk dalam setiap agenda rapat komisi menjadi Program Nasional.

Ketua Umum HMI BADKO nya saat itu kalau tidak salah adalah saudara Muhidin dari Jember, dan setiap rapat nya di pimpin oleh saudara Mirza.

Tradisi penuangan ide, dan gagasan serta fikiran untuk di bawa ke kongres itu, kini sirna terkikis erosi pragmatis penggalangan cabang melalui iming – iming ticket pesawat, lebih tragis dan memalukan adalah transaksi suara utusan cabang dengan rupiah untuk biaya keberangkatan dan kepulangan bahkan ada diantaranya pemanfaatan untuk kepentingan pribadi perseorangan Ketua Umum cabang.

Baca Juga:  Mantan Wapres JK Tinjau Gedung HMI Sabang 17 Bandung

Fenomena pragmatis makin mengerikan ketika hal itu kemudian bergulir tidak hanya menjelang hari – hari mau Kongres HMI, melainkan sejak pengurus PB HMI dilantik saat itu juga, para oknum mulai kasak kusuk melakukan penggalangan dalam permainan birokrasi dan administrasi surat – menyurat, khususnya keputusan HMI cabang yang akan dilantik.

Ini merupakan degradasi moral berorganisasi para aktifis ke tingkat nadir terendah, di mana aksi transaksional dalam perhelatan kongres ke kongres sangat mengemuka menjadi rahasia umum, dan setiap konfercab menjadi pengikut tradisi serupa, oleh oknum – oknum tak bertanggung jawab para pemain liar dilingkaran PB HMI.

Baca Juga:  KAHMI Jabar Nyatakan Sikap Terkait Konflik Palestina-Israel

Namun hal itu kini ada secercah titik terang ketika menghadapi Munas 11 MN KAHMI yang rencana nya di gelar bulan Nopember, 22 – 24, tahun 2022 ini.

Titik terang itu menjadi pancaran cahaya ketika MW Kahmi JABAR memulainya dengan RAKORWIL II Garut, yang menghasilkan kesepakatan lisan dan dituangkan oleh MW KAHMI JABAR melalui Berita Acara yang ditandatangani oleh koorpress dan sekretaris Umum, yaitu DR. Sofyan Sjaf S.PT., M.SI dan Dr Fahruz Zaman Fadhly, MPd.

Langkah – langkah implementasi Berita Acara di atas, dilakukan dengan menggalang Ide, Gagasan dan Fikiran Cerdas yang diajukan ke tingkat Kongkow Elite yang mendelegasikan saudara Asep Wahyuwijaya (AW) yang juga selaku presidium MW KAHMI Jabar, kemudian dikomunikasikan dengan hampir semua MW KAHMI se Indonesia.

Meskipun belum secara utuh dan menyeluruh tersampaikan ke setiap MW KAHMI di tanah air, tapi paling tidak ini menjadi agenda pengulangan untuk membangkitkan kembali KAHMI sebagai rumah besar para aktifis nasional, rumah ini banyak di isi kalangan Aktifis Islam di berbagai lembaga atau instansi juga Ormas, baik pemerintah, swasta, pengusaha Partai Politik termasuk perguruan tinggi serta aktifis dan pegiat lain nya di tanah air.

Baca Juga:  Kang Icak Adalah Kosgoro 1957, Begitupun Sebaliknya

Sampai saat ini, MW KAHMI JABAR belum melakukan penggalangan calon secara utuh, namun paling tidak, implementasi berita acara ini patut diacungi jempol, untuk mengembalikan marwah tidak hanya dalam perhelatan munas KAHMI, tapi paling tidak berimplikasi positive pada adik – adik HMI, baik tingkat Pengurus Besar hingga Pengurus Cabang dan KORKOM termasuk komisariat.

Jika ini dianggap tablaigh perhelatan, maka harapan muncul nya cahaya intelektual dan kecendikiaan di rumah besar ini semakin menguat menjadi arus besar pada optimisme untuk memberikan sumbangsih besar dari KAHMI terhadap bangsa dan negara.

Penulis adalah:

Dadan K. Ramdan (Koordinator Presidium Majelis daerah KAHMI Purwakarta)

Artikel ini telah dibaca 132 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Golkar Jawa Barat Makin Mantap, Siap Menang Pemilu 2024

20 Oktober 2022 - 18:26 WIB

Stunting Masih Menjadi Masalah Kesehatan di Indonesia, Apa Upaya Pemerintah?

20 Agustus 2022 - 19:53 WIB

BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Program Meningkatkan Cakupan Imunisasi Anak

17 Agustus 2022 - 12:51 WIB

Layanan Kesehatan Telemedicine di Indonesia Semakin Berkembang

17 Agustus 2022 - 10:47 WIB

Hari Anak Nasional, Antara Cita-cita dan Fakta

23 Juli 2022 - 07:10 WIB

Saki Hati Fallasi

18 Juli 2022 - 17:47 WIB

Trending di Opini