Menu

Mode Gelap
 

Ragam · 3 Sep 2020 08:19 WIB

Ini 10 Manfaat Joging, Salah Satunya Mengusir Lemak


 ilustrasi: net Perbesar

ilustrasi: net

BANDUNGNEWS.ID – Joging adalah salah satu bentuk latihan sederhana yang dapat dilakukan oleh semua golongan usia. Latihan ini bermanfaat baik bagi kesehatan otak dengan melepaskan endorfin yang dapat membantu menenangkan stres.

Tak hanya itu, joging ternyata bisa meningkatkan kapasitas paru-paru sekaligus meningkatkan kadar kolesterol darah. Sebuah data mengungkapkan bahwa joging secara teratur dapat meningkatkan harapan hidup lima sampai enam tahun pada pria dan wanita, bisa dikatakan panjang umur.

Jika Anda ingin tetap bugar secara fisik agar pikiran dan tubuh Anda tetap segar dan juga mengurangi kalori. Anda bisa mencoba joging di sekitar rumah Anda. Tapi Anda harus tahu tentang manfaat joging untuk kesehatan, seperti dilansir dari Bold Skyberikut ini.

1. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Joging bisa menjadi latihan kardio yang sangat baik. Ini memperkuat otot-otot jantung dan bekerja lebih efisien. Selain itu, joging bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, kadar glukosa darah dan kolesterol. Joging juga membantu memompa darah lebih cepat di jantung dan mencegah risiko penyakit jantung.

Baca Juga:  Ciuman Sambil Bawa Motor di Purwakarta, Dua Sejoli ini Akhirnya Tikusruk

2. Meningkatkan kesehatan mental

Saat Anda joging, tubuh melepaskan endorfin, sekelompok hormon yang bertanggung jawab untuk menentukan apa yang Anda rasakan. Hormon yang enak ini membuat Anda merasa baik secara alami, dengan demikian akan mengurangi stres dan ketegangan Anda. Itulah salah satu alasan tubuh terasa segar setelah joging.

3. Bermanfaat untuk tulang

Saat Anda joging, tulang mengalami sejumlah tekanan dan jaringan tulang disiapkan untuk beban tambahan setiap hari. Joging juga memperkuat tulang dan membantu mencegah cedera yang berhubungan dengan tulang, dengan membuatnya lebih kuat.

4. Mengembangkan otot

Joging adalah aktivitas fisik yang intens yang melibatkan otot-otot besar tubuh. Ini menargetkan otot paha belakang, otot gluteus, otot betis, dan lain-lain. Jogging juga membantu mengencangkan otot dengan memberi tubuh Anda tampilan ramping dan kencang dengan otot yang berkembang dengan baik.

Baca Juga:  UICI Kampus Digital Buka PMB Tanpa Tes, Ini Syarat Pendaftarannya

5. Menurunkan berat badan

Joging membantu membakar kalori ekstra, jika dilakukan bersamaan dengan diet yang tepat akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Ini adalah latihan aerobik yang membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh dengan membuatnya lebih cepat dan mudah membakar lemak.

6. Manfaat sistem pernapasan

Joging diketahui membuat sistem pernapasan bekerja secara efisien. Ini meningkatkan kapasitas paru-paru untuk menyerap lebih banyak oksigen dan membantu meningkatkan kapasitas daya tahan otot-otot pernapasan. Jika Anda menderita masalah pernapasan, joging adalah pilihan yang baik.

7. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Jika sistem kekebalan tubuh Anda kuat, tubuh Anda akan memiliki kekuatan untuk melawan segala jenis infeksi. Joging meningkatkan kekuatan fisik yang meningkat, meningkatkan produksi sel darah putih serta menurunkan tingkat stres, depresi dan kelelahan.

Baca Juga:  Sukses Cover di Youtube, Neverr Rilis Single Perdana “Bintang Kecewa”

8. Osteoporosis

Joging membantu menjaga dan membangun ketebalan tulang Anda. Ini juga bisa membantu dalam meningkatkan kekuatan tulang di tulang belakang dan pinggul. Orang yang menderita osteoporosis bisa melakukan jalan cepat, jika melakukan joging dikhawatirkan bisa melukai tulang.

9. Membantu proses pemikiran

Jika Anda berada dalam situasi yang sulit atau rumit dan tidak memikirkan apa yang harus dilakukan, maka Anda pasti perlu memulai joging untuk mengatur pikiran Anda. Sementara joging Anda akan tahu apa yang penting bagi Anda dan Anda akan menemukan solusinya.

10. Antipenuaan

Joging akan membiarkan Anda berada dalam keadaan yang lebih baik, secara mental maupun fisik. Tingkat energi dan positif yang lebih tinggi akan membantu Anda menghambat penuaan atau awet muda. Apalagi, joging akan meningkatkan kadar darah dan oksigen ke pembuluh darah kulit, membuat Anda terlihat segar dan bercahaya.

(bnd)

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

MoC Kini Hadir di 23 Paskal Shopping Center, Ada Koleksi Anti Baju Anti Bau hingga Promo Menarik

26 Juni 2022 - 07:23 WIB

UICI Kampus Digital Buka PMB Tanpa Tes, Ini Syarat Pendaftarannya

26 Januari 2022 - 18:05 WIB

Bandung Diciptakan, Saat Tuhan Sedang Tersenyum

16 Desember 2021 - 12:35 WIB

Kemenag Ganti Kartu Nikah dari Bentuk Fisik ke Digital

9 Agustus 2021 - 15:15 WIB

Kemenag Jabar: Perkawinan Anak Jadi Problem Keberlangsungan Generasi

2 Agustus 2021 - 14:37 WIB

Di Tengah Pandemi, Pelaku UMKM Dituntut Adaptif Manfaatkan Platform Digital untuk Berjualan

5 Juli 2021 - 12:22 WIB

Trending di Ragam