Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Kota Bandung · 11 Mar 2021 10:00 WIB

Inspiratif! Satu Komplek di Antapani Rutin Berbagi Beras


 (Foto: Istimewa) Perbesar

(Foto: Istimewa)

BANDUNG NEWS – Gotong royong warga kembali terbukti masih bersemi di Kota Bandung. Di sebuah komplek di kawasan Antapani, para penghuninya sengaja menyisihkan rezeki untuk memberikan bantuan berupa paket beras untuk satu kecamatan.

Bukan hanya sekali dua kali, namun warga di komplek tersebut rutin membagikan beras setiap bulannya selama pandemic Covid-19 menerpa dalam kurun waktu hampir satu tahun terakhir ini. Gotong royong warga ini kemudian dinamai program Gerakan Berbagi Beras (Gebber).

“Kebetulan ada dari RW 11 di komplek Mitra Dago Kelurahan Antapani Wetan dan memang di situ memang menengah ke atas,” ucap Camat Antapani, Rahmawati Mulia, Kamis (11/3/2021).

Rahmawati menuturkan, pihak kecamatan dipercaya untuk menyalurkan bantuan dari warga Mitra Dago ini. Setiap bulannya, sumbangan yang dititipkan kepada kecamatan totalnya mencapai 2 ton.

Baca Juga:  Penataan Ruang Terbuka Hijau KanHay Palasari Cibiru Sudah 90 Persen

Mulanya, Rahmawati menyalurkan kepada warga yang terdampak Covid-19 dan diprioritaskan bagi yang sama sekali belum tersentuh oleh program bantuan pemerintah. Namun, terus berkembang hingga mampu menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat.

“Kemudian saya kasih panti asuhan, rumah singgah, dan ada di RW 1 ada sekolah lansia ada program memberi makan lansia setiap Jumat itu kita suplai berasnya. Perbulan itu kita dapat bantuan 400 pak berisi 5 kg per pak,” terangnya.

Rahmawati kini semakin bersemangat untuk menyuntikan motivasi bagi RW atau wilayah lain untuk melakukan hal serupa. Mengingat di Kecamatan Antapani didominasi oleh komplek perumahan.

Baca Juga:  Wali Kota Bandung Terima Penghargaan Lencana Melati dari Gubernur Jabar

Dari empat kelurahan yang masuk ke wilayah Kecamatan Antapani, total keseluruhan terdapat 62 RW. Dari jumlah tersebut, terdapat sekitar 10-15 RW yang terdata memiliki warga kurang mampu.

Sisanya didominasi oleh komplek perumahan dan sebagianya dari kalangan sosial menengah keatas.

“Saya memotivasi RW lain untuk bisa seperti ini. Walaupun ada yang hanya cukup untuk RWnya sendiri tidak apa apa, yang penting sudah tumbuh kepedulian dari mereka untuk warga sekitar,” ungkapnya.

Bermula Dari Sumbangan Individu

Sementara itu, Lurah Antapani Wetan, Raden Iman Nurdiansyah menuturkan, ikhwal Gebber ini bermula dari salah seorang warga di Komplek Mitra Dago yang memberikan sumbangan secara personal. Donatur ini sengaja menghubungi kelurahan untuk membantu warga yang terdampak pandemic Covid-19.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Himbau Warganya Laksanakan Malam Takbiran dan Shalat Idul Adha di Rumah

Meski sempat kaget karena jumlah yang disumbangkan sangat besar, akhirnya Iman pun tetap menerimanya lantaran sudah mendata cukup banyakl warga terdampak di Antapani Wetan.

“Awalnya ada penyumbang salah seorang donatur di awal pandemi, mau sumbang beras katanya 4 ton dan sama 400 dus mie instan,” kata Iman.

Dengan jumlah tersebut, Iman lantas membuat laporan pertanggungjawaban yang komplit, sekaligus berkoordinasi bersama pihak kecamatan. Rupanya kabar sumbangan individu tersebut malah menggerakan kepedulian semua warga komplek.

“Kemudian sampai sekarang  jadinya terpacu akhirnya membuat Gebber. Alhamdulillah bisa mencakup tidak hanya warga sekitar aja tapi bisa dibagi ke wilayah lain,” katanya.

(Mil)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tinjau Lokasi Kebakaran, Gubernur Ridwan Kamil Ingatkan ASN Pemda Kota Bandung Tetap Layani Publik

8 November 2022 - 15:43 WIB

Bakti Sosial, Puluhan Tukang Becak Terima Paket Sembako dari Relawan Baik

8 November 2022 - 08:48 WIB

Komunitas Kretek Gelar Bedah Buku Nicotine War Karya Wanda Hamilton di Unpad

3 November 2022 - 14:21 WIB

Netizen Sesalkan Kawasan Gedebage Bandung yang Rutin Dilanda Banjir

7 Oktober 2022 - 20:25 WIB

Rektor UICI Resmi Buka Digital Kampus Orientasi Mahasiswa Batch Tiga

21 September 2022 - 12:44 WIB

Pemkot Bandung Pastikan Perbaiki Fasilitas Umum

9 September 2022 - 18:07 WIB

Trending di Kota Bandung