Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Jabar · 10 Nov 2022 07:47 WIB

Jaga Ketahanan Pangan, Wagub Jabar Tekankan Pentingnya Kolaborasi


 Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri Gelar Pangan Murah (GPM) dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia XLII Tingkat Provinsi Jabar dan Kota Bandung di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Selasa (8/11/2022). Perbesar

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri Gelar Pangan Murah (GPM) dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia XLII Tingkat Provinsi Jabar dan Kota Bandung di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Selasa (8/11/2022).

BANDUNG NEWS – Hari Pangan Sedunia menjadi momentum bagi semua pihak untuk memperkuat kolaborasi dalam menjaga ketahanan pangan di Jawa Barat. Dengan kolaborasi, ketersediaan pangan dapat terjaga dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri Gelar Pangan Murah (GPM) dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia XLII Tingkat Provinsi Jabar dan Kota Bandung di Kiara Artha Park, Kota Bandung, Selasa (8/11/2022). Adapun acara tersebut berlangsung selama dua hari pada Selasa (8/11/2022) dan Rabu (9/11/2022).

“Alhamdulillah, kami telah dibantu dengan berbagai macam tingkatan. Pemerintah pusat membantu, pemerintah kota dan kabupaten membantu, dan juga termasuk di dalamnya lembaga-lembaga yang lain, membantu terhadap ketersediaan pangan Jawa Barat. Sehingga, Jawa Barat bisa seperti ini,” ucap Pak Uu –sapaan Uu Ruzhanul.

Baca Juga:  Atalia Ridwan Kamil Tinjau Vaksinasi Massal bagi Ibu Hamil dan Menyusui di RSUD Al-Ihsan

Pak Uu juga mengatakan, Jabar menjadi salah satu lumbung pangan di Indonesia. Ada banyak sumber pangan, mulai dari komoditas pertanian, kelautan, sampai peternakan, yang berada di Jabar.

“Karena itu, kita harus bersyukur dengan adanya limpahan anugerah dari Allah SWT. Dengan cara tentang pangan, mari kita bergerak dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan pangan yang ada di Jawa Barat,” ucapnya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Santri Bisa Bekerja di Segala Sektor Jadi Ciri Khas Muslim Indonesia

Menurut Pak Uu, kegiatan Gelar Pangan Murah menjadi salah satu cara Pemda Provinsi Jabar dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat dengan harga terjangkau. “Ini adalah program pemerintah untuk memberikan kecukupan pangan terhadap masyarakat,” katanya.

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan, tema Hari Pangan Sedunia tahun 2022 adalah Leave No One Behind. Tema ini dilatarbelakangi oleh adanya tantangan ketahanan pangan akibat peruban iklim ekstrem, pandemi COVID-19, dan tensi geopolitik. Kemudian, kata Arief, sektor pangan memiliki kontribusi yang sangat luas terhadap inflasi nasional.

“Hari ini Jawa Barat membuktikan bahwa salah satu yang bisa mengontrol inflasi. Kemudian yang berikutnya lagi, izinkan kami mengapresiasi dan terima kasih pada teman-teman di Jawa Barat,” ucap Arief.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Dorong Masyarakat Semangat Berantas Kebodohan dan Perangi Kemiskinan

“Jawa Barat ini merupakan lumbung pangan nasional dan salah satu yang terbaik. Sehingga sekali lagi izinkan kami dari Badan Pangan Nasional mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Pemprov Jawa Barat,” imbuhnya.

Arief juga menuturkan bahwa ketersediaan 11 komoditas pangan yang tertuang dalam Perpres Nomor 125 Tahun 2022 akan cukup hingga akhir 2022. Namun, kata Arief, semua pihak perlu bersama-sama menjaga stabilitas harga dengan monitoring dan intervensi.

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

DPRD Jabar Ungkap Kekurangan Penataan Kawasan Cihideng Tasikmalaya

7 Desember 2022 - 17:24 WIB

Hadiri Pelantikan ABPPTSI Jabar, Sekda: Mitra Strategis Bentuk SDM Berkualitas

22 November 2022 - 19:20 WIB

Uu Ruzhanul Minta Masyarakat Perkuat Ekonomi Melalui UMKM

22 November 2022 - 19:04 WIB

Ridwan Kamil Paparkan Empat Inovasi Unggulan dalam Tahap Penilaian IGA 2022

21 November 2022 - 21:32 WIB

Pesan Uu Ruzhanul kepada Pelajar: Cintai Alam, Banyak Berorganisasi

21 November 2022 - 13:39 WIB

Jabar International Marathon, Ridwan Kamil: Perkuat Sport Tourism Jabar

21 November 2022 - 13:37 WIB

Trending di Jabar