Menu

Mode Gelap
 

Kota Bandung · 21 Jul 2020 20:52 WIB

Kabar Baik, 14 Kecamatan di Kota Bandung Bebas Kasus Positif Covid-19


 ilustrasi/net Perbesar

ilustrasi/net

BANDUNGNEWS.ID – Dalam Data Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov) sebanyak 14 kecamatan di Kota Bandung dinyatakan bebas dari pasien positif aktif Covid-19.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, 14 kecamatan itu sudah tidak ada kasus aktif. Namun, masih ada sejumlah orang masih suspek dan dalam pemantauan serta pengawasan.

“Tidak ada kasus positif aktif di 14 kecamatan, 12 kecamatan masuk dalam kategori empat, dan dua kecamatan masuk dalam kategori tiga. Hanya beda level karena keberadaan suspek,” kata Ahyani seperti dikutip dari liputan6.com, Senin (20/7/2020).

Berdasarkan data Pusicov, 14 kecamatan itu, yakni Kecamatan Cibiru, Ujung Berung, Mandalajati, Arcamanik, Antapani, Kiaracondong, Batununggal, Bandung Kidul, Regol, Bojongloa Kidul, Sumur Bandung, Bandung Wetan, Sukajadi, dan Kecamatan Cidadap.

Baca Juga:  Fokab dan Puspaga Kota Bandung Raih Penghargaan Terbaik di Jawa Barat

Di Kota Bandung terdapat 30 kecamatan, sehingga 16 kecamatan lainnya masih terdapat kasus atau pasien positif Covid-19.

Sementara itu, ada kecamatan yang sebelumnya telah bebas dari kasus Covid-19, kini kembali menjadi zona merah berdasarkan yang nampak di laman Pusicov, yakni Kecamatan Sukasari yang berada di wilayah Bandung Utara.

Ahyani mengatakan data persebaran Covid-19 itu bersifat dinamis, karena temuan suspek maupun pasien positif Covid-19 berdasarkan pelacakan yang terus dilakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Saat ini kasus positif aktif Covid-19 di Kota Bandung terus menurun. Tercatat per tanggal 14 Juli 2020, ada 50 kasus positif aktif, namun Senin (20/7) menurun jadi hanya 33 kasus positif.

Sedangkan jumlah kasus positif secara kumulatif 450 kasus, 374 orang sudah dinyatakan sembuh dan 43 orang dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga:  Menag Yaqut Sambut Program Vaksinasi Santri Jabar

Meski terus menurun, Ahyani berharap masyarakat tetap waspada dan terus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Ingat, bencana masih berlangsung walaupun upaya pencegahan atau penyebaran terkendali,” kata Ahyani.

Adapun untuk mencegah penularan antar-wilayah di Bandung, pemerintah juga sudah menyiapkan langkah antisipasi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung E.M. Ricky Gustiadi menuturkan, rencana pengaktifan kembali check point atau pos pemeriksaan mencuat karena kondisi Kota Bandung sudah berada di zona biru. Sedangkan, kota dan kabupaten sekitarnya masih di zona kuning.

Jika wilayah perbatasan tidak dilakukan pengetatan maka ada potensi penularan dari wilayah zona di sekitarnya.

“Potensi penularan itu lebih tinggi oleh tetangga kita karena pergerakan mobilitas menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi,” ucap Ricky, Kamis (9/7/2020).

Baca Juga:  Gotong Royong Terbukti Ampuh Tangani Covid-19 di Kota Bandung

Jika diberlakukan, rencananya pos pemeriksaan hanya akan ditempatkan di ring dua dan ring tiga, yakni di batas-batas kota saja.

“Jadi check point di ring dua dan ring tiga itu dianggap efektif. Evaluasi gugus tugas Provinsi Jawa Barat terhadap pengawasan penegakkan hukum pencegahan Covid-19 ini, kita ranking 1. Sehingga dipandang perlu kebijakan tersebut untuk dilanjutkan,” paparnya.

Berdasarkan hasil evaluasi dan kajian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, menunjukkan adanya urgensi untuk memberlakukan kembali check point di perbatasan Kota Bandung. Hal itu untuk menjaga agar pandemi Covid-19 di Kota Bandung tetap terkendali. (red)

 

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dibagi 3 Pasukan, Berikut Daftar 99 Anggota Paskibra Kota Bandung

16 Agustus 2022 - 08:22 WIB

Sambut HUT RI ke-77, Sekda Kota Bandung Kukuhkan 99 Anggota Paskibra

16 Agustus 2022 - 08:12 WIB

Pemkot Bandung Gelar Pameran Produk UMKM di Kuta Bali

15 Agustus 2022 - 08:14 WIB

Peringati Hari Koperasi, Pemkot Bandung Bakal Gelar Pameran Produk UMKM

13 Agustus 2022 - 09:30 WIB

Reformasi Birokrasi, Pemkot Bandung Evaluasi SAKIP

12 Agustus 2022 - 10:22 WIB

Pemkot Bandung Raih Peringkat Satu Transaksi Digital se-Jabar

9 Agustus 2022 - 18:11 WIB

Trending di Kota Bandung