Menu

Mode Gelap
 

Kesehatan · 24 Agu 2021 13:49 WIB

Kemenkes Terbitkan Situs Resmi Cek Stok Vaksin Covid-19


 pixabay/linggard Perbesar

pixabay/linggard

BANDUNG NEWS -Kementerian Kesehatan merilis satu situs resmi untuk memperbarui stok vaksin secara berkala di tingkat nasional, provinsi dan kabupaten.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebut perilisan situs tersebut merupakan upaya transparansi dari Kementerian Kesehatan, sehingga pemerintah daerah, dinas kesehatan hingga masyarakat dapat mengetahui data alokasi vaksin yang sebenarnya.

“Kita membuat satu upaya transparansi dengan membuka jumlah stok vaksin nasional sampai di tingkat kabupaten/kota melalui situs https://vaksin.kemkes.go.id/#/alokasi_vaksin. Situs tersebut berisi informasi mengenai vaksinasi dari Kementerian Kesehatan,” kata Budi dalam konferensi persnya, Selasa 24 Agustus 2021. Seperti dikutip dari PMJ News.

Baca Juga:  Lina Ruzhan: Tingkatkan Imun Tubuh dengan Berolahraga

Dalam situs tersebut, terdapat beberapa kolom informasi mengenai vaksin Covid-19 salah satunya ‘Stok Vaksin’. Jika diklik, nantinya akan muncul data terkait stok vaksin di tiap kabupaten/kota, berapa yang telah digunakan dan sisanya.

“Kita juga memiliki kolom informasi data rata-rata penyuntikan vaksin per minggu. Jadi stok vaksin yang ada di daerah tertentu bisa kita translate dan kita lihat apakah stoknya aman sampai dengan 21 hari kedepan atau tidak, atau ada kota lain yang stok vaksinnya hanya sampai 5 hari saja,” terang Budi.

Baca Juga:  Kota Bandung Peringkat Atas Peta Kepatuhan Bermasker di Jabar

“Kita akan gunakan data tersebut untuk pengiriman vaksin berikutnya. Kalau daerah yang stoknya masih tinggi, tidak kita kirim. Sedangkan untuk kabupaten dan kota yang stoknya habis akan kita kirim,” pungkasnya.

Sebelumnya, Budi juga menyampaikan stok vaksin yang telah diterima Indonesia hingga 24 Agustus 2021 yang mencapai 130 juta dosis. Dengan rincian sebanyak 116 juta vaksin telah disebar ke beberapa daerah dan yang sudah disuntikkan sebanyak 91 juta.

Baca Juga:  Legislator Apresiasi Jokowi Respon Cepat Beri Kepastian Vaksinasi COVID-19 Januai 2021

(amt)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rentan Alami Stres, Mahasiswa Jangan Ragu Untuk Cari Pertolongan

22 November 2021 - 11:21 WIB

Kenali Lima Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menganggu Kesehatan Tubuh

18 Agustus 2021 - 14:43 WIB

Kemenkes Hapus Vaksin Gotong Royong Berbayar

17 Agustus 2021 - 14:13 WIB

Resmi, BPOM Izinkan 8 Jenis Obat yang Bisa Digunakan Terapi Covid-19

15 Juli 2021 - 11:01 WIB

Ini Tips yang Perlu Dilakukan Jika Anda Terpapar Virus Corona

14 Juli 2021 - 13:52 WIB

DPRD Jabar Minta Perlindungan Terhadap Nakes Harus Diprioritaskan

13 Juli 2021 - 17:51 WIB

Trending di Kesehatan