Kita Bertahan Aja di Masa Sulit


Masa Sulit
M. Ichsan Lazuardi Pengurus KNPI Jabar. (foto: Istimewa)

BANDUNG NEWS – Pandemi Covid-19 atau Corona sampai saat ini masih menyusahkan banyak manusia di muka bumi ini. Apalagi, setelah pemerintah memutuskan untuk menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang berlaku mulai 3-20 Juli 2021 dan saat ini infonya diperpanjang sampai tanggal 25 Juli.

Ya PPKM darurat lebih ketat ketimbang PSBB maupun PPKM Mikro yang juga sudah diberlakukan oleh pemerintah sebelumnya. Namun, dengan keputusan itu apakah kita mesti galau terus? Seharusnya jangan terlalu lama pusingnya. Toh ini cuma sementara dan kita harus yakin tak lama lagi kondisi bumi lekas pulih dan umat manusia bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa seperti sebelumnya.

Sejujurnya kasus Corona di negeri ini, negeri Indonesia, memang mengkhawatirkan. Namun, lagi-lagi kita harus berpikir terbuka. Masa iya kita harus terus menderita? Terutama kita sebagai tulang punggung Negara (pemuda) masa sih kita terus dihantui rasa takut dengan keadaan. Nah di sini kita harus mulai. Mulai bersahabat dengan keadaan. Bagaimana pun kita harus optimis dan percaya pada diri kita sendiri bahwa segala sesuatu yang terjadi pasti bisa tertangani dan terlewati dengan baik.

Lantas apa yang harus kita lakukan? Ya yang pertama sabar, kedua ikuti aturan yang ada, dan yang lebih penting yaitu kita harus lebih produktif dan kreatif di masa sulit. Apalagi kita ini pemuda atau kamu muda yang bertanggungjawab menciptakan kondisi agar lebih baik. Minimal untuk sendiri. Meskipun kalau berbicara personal saya masih banyak juga kekurangan dan apalagi belakangan ini gara-gara PPKM saya banyak kasbon ke orang.

Jangan sampai pandemi atau musibah ini dijadikan alasan untuk berputus asa. Jangan sampailah. Kita harus yakin masa depan Negara akan lebih baik yang tentunya dibantu oleh kita dengan terus melalukan hal positif agar setidaknya di sekeliling kita bisa terbantu. Bisa sifatnya berbentuk ide atau tindakan yang sedikit meringankan beban orang-orang di sekeliling kita.

Jadi kita harus bertahan di masa sulit ini. Tetap bekerja dengan baik. Berbuat sesuatu dengan rajin. Dan terus berdoa kepada Tuhan agar masa sulit ini segera berlalu. Atau dikuatkan dalam kondisi apapun.

Bukan apa-apa. Kita ini dilahirkan untuk memberi warna dan tentunya menjadi harapan orangtua agar mampu melanjutkan estapeta dengan baik. Dalam kondisi apapun kita jangan sampai jadi produk gagal. Tetap semangat dan jangan lupa terus bersyukur!

Penulis: M. Ichsan Lazuardi
Pengurus KNPI Jabar