Komisi I: Jabar Perlu Adopsi Konsep Kampung Cyber DIY


cyber
Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat kunjungi Kampung Cyber DIY dalam rangka studi komparasi terkait pengembangan dan pengelolaan desa digital, Rabu (9/6/2021). (Foto : Tri Angga/Humas DPRD Jabar).

BANDUNG NEWS – Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Sadar Muslihat mendorong, kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat dapat mengadopsi konsep Kampung Cyber, Yogyakarta.

Menurutnya konsep kampung cyber tersebut memiliki banyak manfaat salah satunya mempermudah masyarakat dalam mengurusi kebutuhan-kebutuhan administrasi pemerintahan dan pengembangan perekonomian.

“Mudah-mudahan konsep ini bisa diterapkan walaupun tidak harus di tingkat provinsi, tetapi melalui kabupaten kota dapat mengadopsi hal-hal yang bisa dilakukan di Jabar, bahkan lebih baik,” ujar Sadar dalam Kunjungan Studi Komparasi Komisi I DPRD Jabar di Kampung Cyber, DIY, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga:  Lowongan Kerja Juni 2021: PT Freeport Cari Sarjana yang Siap Bekerja

Terkait penerapan konsep Kampung Cyber di Jawa Barat Sadar menyatakan, bahwa pihaknya akan menyerahkan upaya tersebut kepada pemerintah kabupaten kota. Sebab, hal itu di luar kewenangan DPRD Provinsi Jabar.

Baca Juga:  Iis Turniasih Ajak Masyarakat Siap Divaksin Covid-19 saat Vaksin Siap

“Kita hanya bisa memotivasi dan mendorong terkait dengan yang akan menjadi kewenangan Pemprov Jabar,” katanya.

“Akan tetapi, kendalanya yaitu Jabar dengan DIY memiliki kondisi geografis yang berbeda. Jadi di lapangan akan berbeda pula yang harus kami lakukan,” tambahnya.

Di singgung mengenai ketersediaan anggaran, Sadar menjelaskan jika dalam kondisi normal Jabar memiliki postur APBD lebih besar daripada dengan Provinsi DIY. Namun di tengah kondisi pandemi ini keberpihakan anggaran lebih untuk penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi.

Baca Juga:  Tingginya Kasus Perceraian, DPRD Jabar: Anak Jadi Korban

“Tetapi dalam kondisi pandemi Covid-19, kita tidak bisa mengutamakan penganggaran untuk hal yang demikian. Kecuali urusan dengan pandemi sudah selesai,” tutupnya.

(dra)