Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Kota Bandung ยท 21 Sep 2020 08:37 WIB

Komunitas Kedaerahan Diharapkan Bersama-sama Bangun Kota Bandung


 Komunitas Kedaerahan Diharapkan Bersama-sama Bangun Kota Bandung Perbesar

BANDUNGNEWS.ID – Banyak organisasi atau komunitas kedaerahan yang turut mewarnai Kota Bandung. Diharapkan juga terus ikut membangun Kota Bandunf agar semakin berkembang

Kota Bandung sebagai sebuah kota metropolitan memiliki daya tarik bagi warga dari luar Kota Bandung, namun di balik itu semua memiliki masalah yang sangat kompleks. Oleh karenanya, perlu dukungan dari berbagai pihak untuk menyelesaikannya.

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada perayaan HUT Paguyuban Ikatan Keluarga Masyarakat Kei (Ikmas Kei) Jawa Barat di Villa Rumah Oma-Opa, Jalan Girimekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Sabtu (19/92020).

Baca Juga:  Ini 5 Tempat di Kota Bandung yang Harus Kalian Tahu

Ia berharap, Ikmas Kei bisa bersama-sama menjaga Kota Bandung tetap aman, nyaman, dan kondusif, serta membantu Pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

“Pemkot Bandung tidak bisa menyelesaikan masalah yang sangat kompleks tanpa bantuan dari berbagai komponen masyarakat, termasuk Ikmas Kei yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat,” katanya.

“Di tengah pandemi juga diharapkan bisa membantu dalam memyelesaikan berbagai hal. Karena pandemi ini menimbulkan dampak yang besar terhadap ekonomi sosial di masyarakat,” lanjutnya.

Wakil wali kota sangat mengapresiasi atas terbentuknya suatu komunitas yang didasarkan kepada kesukuan. Namun ia mengingatkan agar komunitas kesukuan tidak terjebak dalam isu sara.

Baca Juga:  Tingginya Kasus Perceraian, DPRD Jabar: Anak Jadi Korban

“Kota Bandung memiliki falsafah someah hade ka semah, artinya ramah terhadap tamu. Tentunya mudah-mudahan gayung bersambut dengan falsafah adat dari teman-teman Ikmas Kei,” katanya.

Sementara itu, Kepala Suku Ikmas Kei Jawa Barat, M. Abbas Hukubun mengatakan, suku Kei dalam kehidupan bermasyarakat secara sosial budaya saat ini masih kental dipengaruhi oleh adat.

“Adat ini secara turun temurun telah diikuti dan diijadikan pedoman hidup kami. Sebagai masyarakat kei yang berdomisili di wilayah provinsi Jawa Barat akhirnya kami mendirikan paguyuban sebagai suatu wadah tempat kami berbagi satu sama lain,” katanya.

Baca Juga:  Hasil Memuaskan, Ini 5 Barbershop Terbaik di Bandung

Sedangkan Ketua Ikmas Kei Jawa Barat, William Rahakbauw mengatakan, setelah menginjak usia 1 tahun, Ikmas Kei telah melalui berbagai proses dalam perjalanannya yang telah dilalui bersama-sama.

“Kita semua memiliki program dan tujuan. Para pengemban tugas di Ikmas Kei dengan sabar, loyal, kompak bersama meski pun ada sesuatu yang membuat goyah. Selaku ketua, saya imbau pengurus agar lebih mantap dan kooperatif,” ucapnya.

(bnd)

 

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tinjau Lokasi Kebakaran, Gubernur Ridwan Kamil Ingatkan ASN Pemda Kota Bandung Tetap Layani Publik

8 November 2022 - 15:43 WIB

Bakti Sosial, Puluhan Tukang Becak Terima Paket Sembako dari Relawan Baik

8 November 2022 - 08:48 WIB

Netizen Sesalkan Kawasan Gedebage Bandung yang Rutin Dilanda Banjir

7 Oktober 2022 - 20:25 WIB

Pemkot Bandung Pastikan Perbaiki Fasilitas Umum

9 September 2022 - 18:07 WIB

Yana Ajak Warga Kota Bandung Hadapi Dampak Kenaikan Harga BBM

7 September 2022 - 13:37 WIB

Dinsos Kota Bandung Awasi Penyaluran BLT Agar Tepat Sasaran

6 September 2022 - 13:37 WIB

Trending di Kota Bandung