Menu

Mode Gelap
Yayasan Nuraini Najamudin Raih Penghargaan The most Excellent Islamic Foundation 2022 dari CISA London

Jabar · 15 Apr 2021 15:19 WIB

Kurang Pasokan, Harga Bahan Pokok di Pasar Cisalak Alami Kenaikan


 Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat memantau perkembangan harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Cisalak Kabupaten Subang, Selasa (14/04/2021). (Foto : M. Sidiq/Humas DPRD Jabar). Perbesar

Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat memantau perkembangan harga dan ketersediaan bahan pokok di Pasar Cisalak Kabupaten Subang, Selasa (14/04/2021). (Foto : M. Sidiq/Humas DPRD Jabar).

BANDUNG NEWS –  Akibat terlambatnya pasokan, harga sejumlah bahan pokok di Cisalak Kabupaten Subang mengalami kenaikan yang cukup drastis. Ini selalu terjadi menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Hal Tersebut di ungkapkan Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Sari Sundari usai meninjau langsung harga kebutuhan pokok di Pasar Cisalak, Kabupaten Subang, Rabu (14/04/2021).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Dorong Pers Kedepankan Narasi Persatuan, Jangan Beri Ruang Politik Identitas

“Kami tadi berdialog dengan beberapa pedagang, jika dibandingkan dengan pasar yang sudah kami kunjungi disini harganya lumayan agak tinggi, karena pasokannya juga yang kurang, dan seminggu sebelum datangnya puasa ternyata memang harga sudah mulai naik” ucap Sari.

Sari mengungkapkan, dalam kesempatan tersebut pihaknya mendapati sejumlah masukan dari para pedagang yang menginginkan pemerintah segera melakukan upaya untuk menjaga stabilitas harga.

Baca Juga:  Asep Suherman Minta Masyarakat Diberdayakan Olah Hasil Hutan Bukan Kayu

Sari menyatakan, upaya tersebut tengah dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Peraturan Daerah (Perda) Pusat Distribusi. Sesuai dengan salah satu tujuan Perda tersebut yaitu menjamin ketersediaan, keseimbangan antara pasokan dan permintaan, serta menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok yang wajar dan terjangkau oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan nanti ketika perda pusat distribusi provinsi yang sudah dikeluarkan, implementasinya itu bisa lebih menjaga stabilitas harga di pasar” kata Sari.

Baca Juga:  DPRD Jabar Dorong Perempuan di Jabar Miliki Modal Berwirausaha

“Bagi para pedagang bulan atau hari besar itu bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Tapi di sisi lain pemerintah mempunyai tanggungjawab untuk menjaga stabilitas harga”pungkasnya.

(riv)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Digelar di Ponpes Miftahul Huda, GMP Berbagi Berlangsung Khidmat

28 November 2022 - 23:25 WIB

GMP Berbagi

Jabar MoU dengan Pemerintah Pusat, Komitmen Pengelolaan Sampah Citarum

19 November 2022 - 07:46 WIB

Ridwan Kamil Minta Polemik Pembangunan Masjid Margonda Depok di Musyawarahkan Sebaik Mungkin

18 November 2022 - 08:08 WIB

Wagub Jabar Lepas Ekspor Tanaman Hias di CPF 2022

11 November 2022 - 12:28 WIB

Atalia Praratya Raih Penghargaan Kategori Promoter Literacy di IKAPI Awards 2022

10 November 2022 - 07:36 WIB

Jabar Data Viz Festival Ajak Warga dan ASN Jadi Agent of Change

8 November 2022 - 08:07 WIB

Trending di Jabar