Kutipan-kutipan Pilihan Prof. Quraish Shihab


Quraish Shihab
Instagram/quraish.shihab

BANDUNG NEWS – Seorang cendekiawan dengan keluasan pemikirannya kerap mengeluarkan ucapan-ucapan bijak. Kebijaksaan yang muncul merupakan buah dari pengalaman mencari ilmu.

Dalam hal ini, kami telah merangkum beberapa kutipan mutiara yang berasal dari Prof. Quraish Shihab, atau yang dikenal dengan Abi Quraih. Dengan harapan semoga pembaca dapat mengambil pelajaran dan hikmah darinya.

Takwa

“Tidak ada baiknya ucapan tanpa pengalaman. Begitu juga pengetahuan tanpa ketakwaan. Terlebih lagi, sedekah tanpa dilakukan dengan ketulusan.”

Baca Juga:  Menteri Agama Ungkap Kamis 13 Mei 2021 Sebagai Hari Istimewa

Dari ungkapan itu, Qurasih Shihab hendak mengingatkan bahwa pikiran harus selaras dengan perlilaku, pengetahuan harus sejajar dengan ketakwaan dan keikhlasan dengan sedekah.

Dermawan

“Tidak ada baiknya harta, kecuali di lakukan dengan kedermawanan. Begitu juga persahabatan tanpa kesetiaan dan demikian juga hidup tanpa kegembiraan.”

Kami memahami dari ungkapan itu bahwa kekayaan akan menjadi sia-sia jika tidak disertai dengan kegemaran memberi. Demikian juga dengan persahabatan, hubungan asmara, yang dilakukan tanpa kesetiaan.

Baca Juga:  Doa Ziarah Kubur Lengkap Dengan Latin dan Artinya

Kekayaan

“Jika Anda ingin kekayaan, maka raihlah kekayaan itu dengan kepuasan hati setelah usaha halal yang maksimal.”

Quraish Shihab hendak mengatakan bahwa manusia boleh bekerja –tidak melulu beribadah — untuk bertahan hidup di dunia. Meski demikian, usaha yang dilakukan manusia harus dijalur yang halal dan tidak bertentangan dengan syariat.

Kepuasa

“Bahwa kepuasan adalah harta yang tak ada habis-habisnya. Oleh sebab itu hindari ketamakan karena itulah kemiskinan yang tiada taranya.”

Baca Juga:  Menteri Agama Ungkap Kamis 13 Mei 2021 Sebagai Hari Istimewa

Mengejar dunia boleh, jika digunakan untuk kemaslahatan umat. Tapi jika disertai dengan ketamakan maka hasilnya tidak bernilai dan tentu tidak ada habisnya.

Jangan Putus asa

“Jangan berputus asa karena Allah menganugrahi orang lain. Kemudian ia juga menganugrahi anda.”

Seperti dalam salah satu ayat Quran disebutkan bahwa manusia jangan berputus asa dari rahmat Allah. Artinya, rahmat Allah tiada habisnya dianugerahkan kepada setiap manusia.

(nis)