Lestarikan Karawitan Sunda di Sanggar Waditra Bandung


Sanggar
Sanggar Waditra Kota Bandung. (Foto: Disbudpar Bandung)

BANDUNG NEWS – Jawa Barat memiliki banyak sekali kesenian sunda, yaitu seni tari, seni wayang, seni musik, dan lain-lain. Salah satu kesenian khas Jawa Barat yaitu Karawitan Sunda di Sanggar Waditra. Secara luas, karawitan merupakan seni suara, baik itu vokal maupun instrumen atau biasa disebut waditra.

H. Riskonda merupakan mantan guru kesenian yang merasa Karawitan Sunda perlu dilestarikan agar tidak punah. Sangat terlihat bahwa anak-anak muda jaman sekarang terutama memperhatikan dan kurang peduli dengan kesenian-kesenian tradisional, kesenian Karawitan Sunda.

Maka dari itu H. Riskonda membuat Sanggar Waditra, merupakan salah satu sanggar yang berasal dari Karawitan Sunda sejak tahun 1977. Sejak H. Riskonda wafat, kegiatan di Sanggar Waditra dikelola dan oleh anaknya, yaitu Hedi Risdiana. Selain mempelajari Karawitan Sunda, pengunjung juga bisa mengikuti pelatihan untuk pemula.

Baca Juga:  Kota Bandung Waspada Kasus Covid-19 Kian Melonjak

Pengrajin Alat Kesenian Tradisional Sunda

H. Riskonda memulai bisnis pembuatan gamelan sejak 44 tahun lalu. Dengan konsistensi dan idealismenya, yang membuat beliau bertahan menjadi salah satu produsen alat kesenian tradisional khas Sunda.

Berbagai waditra khas Sunda tersedia, mulai dari gamelan sunda, kecapi, angklung, gambang, dan yang lainnya. Tidak hanya lengkap, namun kualitasnya pun merupakan yang terbaik di Kota Bandung.

Baca Juga:  Ketersediaan Fasilitas Prokes SMAN 8 Kota Bandung Diapresiasi Satgas Covid-19

Tidak hanya terkenal di dalam negeri, berbagai waditra khas Sunda buatan H. Riskonda ini sudah menembus pasar luar negeri. Bahkan sudah mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2015 loh.

Workshop Alat Kesenian Sunda di Jepang

Pada tanggal 26 Oktober hingga 2 November tahun 2017 pemilik Sanggar Waditra, H. Riskonda beserta Ibu Yana diundang ke Jepang untuk melakukan Workshop mengenai alat kesenian tradisional khas Sunda. Gamelan, kecapi, calung, dan yang lainnya dan juga melakukan latihan bersama dengan Grup Degung Paraguna.

Baca Juga:  Belajar ke Balikpapan, Pemkot Bandung Ingin Perbaiki Pengelolaan Sampah

Sanggar Waditra sudah menjalin kerja sama lebih dari 30 tahun dengan Jepang untuk penelitian serta turut mempromosikan budaya Sunda kepada masyarakat negara Jepang.

Jadi, jika sedang berada di kota Bandung dan Anda ingin membeli alat kesenian tradisional Sunda atau ingin mengetahui lebih dalam serta mengikuti pelatihan gamelan, kecapi, dan alat kesenian lainnya maka kamu harus mengunjungi Sanggar Waditra di Jl. Moh. Toha No. 379, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Tempat ini buka setiap hari, Senin hingga Minggu dari pukul 08.00 hingga 16.00.

(dra)