Menu

Mode Gelap
 

Jabar · 4 Apr 2021 17:02 WIB

Lewat Program Gernas BBI, DPRD Jabar Harap UMKM Bantu Pemulihan EKonomi


 Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat menghadiri acara peluncuran Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) Jabar bertempat di Trans Convention Centre, Kota Bandung, Sabtu (3/4/2021). (Foto : M. Sidiq/Humas DPRD Jabar). Perbesar

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat menghadiri acara peluncuran Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) Jabar bertempat di Trans Convention Centre, Kota Bandung, Sabtu (3/4/2021). (Foto : M. Sidiq/Humas DPRD Jabar).

BANDUNG NEWS – Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat mengapresiasi atas diluncurkannya Gernas BBI. Ia berharap program tersebut dapat mendongkrak pemulihan ekonomi melalui penguatan UMKM.

Hal tersebut diungkapkan Taufik usai menghadiri acara peluncuran Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) Jabar bertempat di Trans Convention Centre, Kota Bandung, Sabtu (3/4/2021).

Taufik menambahkan, program-program penguatan semacam ini sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM terutama di masa pandemi covid-19.

Baca Juga:  Salat Idulfitri di Gasibu, Ridwan Kamil: Meraih Kemenangan di Hari Bahagia

Peluncuran Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) Jabar dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Diikuti 14.500 UMKM se-Jawa Barat, acara tersebut bertujuan untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM. Digelar selama satu bulan penuh, para peserta yang berasal dari UMKM unggulan Jawa Barat tersebut akan memamerkan produknya di 100 venue yang telah disediakan dengan potensi pembeli mencapai 21 juta orang.

Baca Juga:  DPRD Jabar Komisi II Usulkan Perbaikan Balai Pengembangan Bibit Unggas Jatiwangi

Sementara itu Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki menyatakan, bahwa lebih dari 64 juta UMKM berkontribusi bagi negeri 14% terhadap total ekspor non-migas, 60% total investasi, 97% total penyerapan tenaga kerja, dan 61% total PBB nasional.

Teten menyebut, pada awal tahun 2020 lahir pelaku UMKM baru sebanyak 12%, dan yang hadir dalam ekosistem digital tumbuh pesat, lebih dari 19% dengan populasi pelaku usaha sekitar 12 juta UMKM.

Baca Juga:  Ridwan Kamil dan ASN Jabar Kenakan Pakaian Pramuka Tiap Tanggal 14

“Dengan dasar itulah Pemerintah serta Pemangku kepentingan ekonomi mendorong masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa Barat untuk menggunakan produk hasil UMKM dalam negeri” ucap Teten.

Selain itu dalam kesempatan yang sama, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar  juga menggelar Pekan Kerajinan Jawa Barat dan Karya Kreatif Jawa Barat 2021 yang didukung penuh oleh Bank Indonesia.

(dra)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Komisi V Dorong Angggaran Perbaikan Untuk Panti Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia

11 Agustus 2022 - 15:24 WIB

Penopang Jembatan Cigereuh Kabupaten Bandung Rusak, Komisi IV DPRD Jabar Respon Rencana Perbaikan

11 Agustus 2022 - 15:20 WIB

BPS Jawa Barat Sebut Ekonomi Jabar Tumbuh 5,68 Persen

10 Agustus 2022 - 10:59 WIB

Tampung Aspirasi Tenaga Honorer, Ridwan Kamil Usulkan Bentuk Gugus Tugas

9 Agustus 2022 - 18:18 WIB

Ridwan Kamil Gandeng Wanadri dalam Program Tanam Mangrove

8 Agustus 2022 - 06:30 WIB

Imunisasi Capai 83 Persen, Jabar Targetkan Bebas Campak dan Rebula 2023

2 Agustus 2022 - 14:19 WIB

Trending di Jabar