LHKP Muhammadiyah berikan Jalan Tengah untuk Proporsional Terbuka dan Tertutup

  • Bagikan

BANDUNG NEWS – Jurnalis Suara Muhammadiyah, Rizki P Dewantoro menanggapi soal sistem pelaksaan pemilihan anggota legislatif antara proporsional terbuka dan terutup.

Hal ini Ia utarakan dalam diskusi yang digelar oleh RISDEM secara daring tentang sistem pemilihan legislatif antara proporsional terbuka dan tertutup, Senin (16/1/2023).

“Jalan tengah untuk perdebatan ini sudah dirumuskan oleh Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Muhammadiyah dan sudah diserahkan kepada BRIN sebagai rekomendasi, bahwa proporsional terbuka sebagian merupakan solusi dari perdebatan sistem pemilihan anggota legislatif kita,” ucapnya.

Baca Juga:  Jadi Kampiun Piala AFF U-16, Timnas Indonesia U-16 Diguyur Bonus Rp750 Juta

Rizki menjelaskan, pakar telah menyampaikan plus minus dari sistem proporsional terbuka dan tertutup. Adapun untuk proporsional terbuka sebagian, suara pemilih masih terakomodir dan masih ada peluang bagi caleg untuk terpilih meski tidak di nomor urut atas.

“Dalam sistem terbatas ini, pemilih dapat mencoblos caleg atau parpolnya. Caleg yang memenangkan kursi parlemen ditentukan oleh bilangan pembagi pemilih (BPP) atau harga kursi,” ujarnya.

Baca Juga:  Jabar Data Viz Festival Ajak Warga dan ASN Jadi Agent of Change

Dijelaskannya, BPP dihitung dengan cara membagi jumlah suara sah di dapil dengan alokasi kursi di dapil tersebut.

Jika perolehan suara seorang caleg melampaui BPP, dia otomatis berhak atas satu kursi parlemen. Apabila tidak ada satu pun caleg yang perolehan suaranya melampaui BPP. Tapi suara partainya melampaui BPP, maka pemenang kursi ditentukan lewat nomor urut caleg di partainya,” jelasnya.

Baca Juga:  Dessy Susilawati Sampaikan Pentingnya Penguatan 4 Pilar di Sukabumi

“Ini bisa menjadi alternatif solusi dari perdebatan kita. Meskipun demikian, kami di Organisasi Masyarakat, seperti NU dan Muhammadiyah, tentu hasil Judicial Review yang akan diputuskan oleh MK setelah proses JR selesai,” ujarnya.

“Kami dari Organisasi Muhammadiyah dan NU telah selesai melaksanakan Muktamar, kemarin NU di Lampung dan Muhammadiyah di Surakarta. Muktamar kami berjalan dengan lancar dan demokratis, semoga ini menginspirasi bagi Pemilu kita kedepan.” utup Rizki.

  • Bagikan