Mayoritas Pasien COVID-19 Meninggal di Kota Bandung Ada Penyakit Penyerta


dr Rosye Arosdiani/Net

BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyatakan sebanyak 103 total kasus orang yang meninggal terkonfirmasi COVID-19 mayoritas disertai oleh penyakit penyerta.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinkes Kota Bandung dr Rosye Arosdiani mengatakan, seratusan orang yang meninggal itu juga mayoritasnya adalah lanjut usia.

“Kalau yang meninggal itu kebanyakan dengan penyakit komorbid, Itu umur lansia dan di kisaran antara 60 tahun, 70 tahun sampai lebih 80 tahun,” kata Rosye di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Baca Juga:  Sosialisasi Pembangunan Keluarga di Lembursitu Kabupaten Sukabumi

Meski begitu, Rosye menyebut tingkat kesembuhan COVID-19 di Kota Bandung juga cukup baik. Dari 2.490 orang yang terkonfirmasi COVID-19 kumulatif, 2.089 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

“Kasus positif data kemarin sembuh sudah dua ribu sekian. Jadi ini kurang 10 persenan, ini kan data total,” katanya.

Baca Juga:  HMI Jawa Barat Bentuk Satgas COVID-19, Pemprov Jabar Siap Kerja Sama

Sementara itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial menyampaikan mayoritas penyakit penyerta itu, di antaranya yakni diabetes mellitus dan penyakit jantung. Dari total keseluruhan kasus yang meninggal, menurutnya sekitar 63 persen mengalami penyakit penyerta.

“Hal ini mengindikasikan bahwa terjadi penyebaran yang masuk ke tingkat rumah tangga akibat salah satu anggotanya berkegiatan diluar,” kata Oded.

Kasus kematian itu juga kini memang meningkat cukup drastis. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung, ada 33 orang yang meninggal dunia dalam satu bulan sejak 17 Oktober 2020 lalu.

Baca Juga:  Tina Wiryawati Tekankan Pentingnya Kreativitas di Masa Pandemi Covid-19

Kasus kematian yang paling banyak terjadi dalam satu hari, yakni terjadi pada tanggal 12 November dan 15 November 2020. Pada tanggal tersebut, tiga orang dinyatakan meninggal dengan terkonfirmasi COVID-19.***


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win