Menag Yaqut Laksanakan Malam Takbiran dan Sholat Idul Fitri di Rumah


BANDUNG NEWS – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memutuskan untuk melaksanakan malam takbiran dan sholat Idul Fitri di rumah. Hal tersebut dia lakukan karena dalam suasana pandemi Covid-19.

“Saya juga akan takbiran di rumah bersama keluarga inti, anak-anak dan istri. Kamis pagi, saya akan menjadi imam dan khatib salat Ied di rumah,” tutur Gus Yaqut, sapaan akrab Menang.

Baca Juga:  Jubir Satgas Covid-19 Himbau Masyarakat Agar Tidak Ragu untuk Divaksin

Dikutip dari PMJ News, dia mengungkapkan dalam memaknai puasa di masa pandemi Corona sebagai media untuk lebih mempertajam pemahaman umat terhadap inti ajaran agama, yakni soal nilai-nilai kemanusiaan.

“Puasa dan ibadah lainnya yang telah dijalani selama Ramadan dalam suasana pandemi ini semoga meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah sehingga menjadi roh baru bagi kita untuk terus menebarkan kebajikan dan rahmat bagi semesta,” tuturnya.

Baca Juga:  Intruksi Menag ASN Wajib Upacara Bendera Setiap Tanggal 17

“Ketakwaan yang tidak hanya menampilkan dalam kesalehan pribadi, tapi kesalehan sosial dalam rupa kepedulian pada sesama. Ketakwaan yang memiliki keseimbangan antara spiritual vertikal dengan kesalehan sosial,” ujarnya menyambung.

Kesalehan sosial, tambah dia, yang telah dilakukan semua pihak saat Ramadhan, salah satunya ketaatan menjaga protokol kesehatan (prokes) serta kondusivitas dalam peribadatan.

Baca Juga:  Densus 88 Anti Teror Tangka 13 Orang Terduga Teroris di Riau

“Mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), tokoh agama dan masyarakat, alim ulama, ormas islam, pengelola media, insan pers, para dermawan, TNI / Polri, hingga para tenaga medis yang terus berjuang menyelamatkan pasien Covid-19,” ujarnya.[amt]