Menu

Mode Gelap
 

Nga-Bandung-An · 26 Mei 2021 12:25 WIB

Mengenal Destinasi Wisata Studio Rosid Kota Bandung


 Foto: Instagram @studio.rosid Perbesar

Foto: Instagram @studio.rosid

BANDUNG NEWS – Dalam genggaman tangan seniman lukis bernama Rosid, sebuah pensil bisa menghasilkan karya yang begitu indah. Goresan pensil di setiap karyanya memang menjadi identitas/ciri khas dari Bapak Rosid.

Seniman yang berasal dari keluarga petani ini memutuskan untuk menekuni dunia seni rupa sejak beliau tamat SMA, tepatnya pada tahun 1989. Tidak memiliki latar belakang pendidikan seni lukis secara formal, Bapak Rosid mampu memamerkan hasil karyanya sampai ke mancangera seperti Singapura, Filipina, Korea Selatan dan Hongkong.

Bentuk kerja keras Bapak Rosid sebagai seniman terwujud dalam sebuah studio yang beliau namai “Studio Rosid”. Studio ini sangatlah menarik. Bukan sekedar studio untuk memamerkan hasil karyanya, Studio Rosid memang khusus sebagai memori kehidupan masa lalu Bapak Rosid di desa.

Baca Juga:  Wakil Wali Kota Bandung Berharap Tim Sepak Bola Raih Emas Porda 2022

Tak heran jika kesan pertama saat masuk ke Studio Rosid adalah suasana pedesaannya yang begitu kuat. Hal tersebut terlihat jelas dengan hadirnya artefak berupa alat-alat pertanian dan perlengkapan rumah tangga tradisional yang terpajang di area studio.

Studio ini memiliki beberapa area, area pertama yaitu Studio yang terdiri dari dua lantai. Lantai satu studio menghadirkan beberapa lukisan Bapak Rosid pada media kayu. Sedangkan di lantai dua lebih banyak menghadirkan lukisan pada media kanvas. Bahkan ada juga lukisan Pak Rosid  pada sebuah batu.

Arena Karya Kedua Studio Rosid

Area kedua adalah sebuah Galeri. Sama seperti area studio, Galeri ini juga terdiri dari dua lantai. Kedua lantainya penuh lukisan pada media kanvas. Namun beberapa di antaranya adalah lukisan Bapak Rosid yang terbuat dari cat acrylic. Studio Rosid juga memiliki sebuah Perpustakaan. Perpustakaan tersebut merupakan ruangan kecil yang menghadirkan koleksi buku mengenai dunia seni rupa.

Baca Juga:  Wali Kota Bandung Terima Penghargaan Lencana Melati dari Gubernur Jabar

Ingin bersantai dengan keluarga atau teman sambil menikmati secangkir kopi? Studio ini memiliki sebuah Cafe dan Coffee Shop yang buka hari Selasa sampai Minggu pada pukul 15.00-23.00.

Jika ingin menginap, ada Guest House dengan tarif sewa Rp 500.000/hari. Guest House ini sama menariknya dengan area studio, karena nuansa ruangannya bertemakan vintage tahun 70-80an. Bagi yang suka selfie/berfoto, ada beberapa tempat di Studio Rosid yang cocok untuk dijadikan spot foto.

Baca Juga:  3 Rekomendasi Tempat Makan Enak dan Murah di Dipatiukur Kota Bandung

Studio Rosid tidak memiliki jadwal kegiatan/pagelaran seni yang diselenggarakan secara rutin. Namun studio ini sempat dijadikan tempat untuk pertunjukan teater maupun workshop. Apabila ingin mengadakan sebuah acara di Studio Rosid, langsung saja datang ke studio dan menemui Bapak Rosid.

Akses menuju Studio Rosid sangatlah mudah. Jika berangkat dari Alun-Alun Kota Bandung menggunakan kendaraan pribadi (mobil), bisa ditempuh sekitar 30 menit. Selain itu, transportasi online juga bisa menjadi alternatif lain untuk berkunjung ke Studio Rosid.

(dra/disporabandung)

Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Luis Milla: Marc Klok dan Rachmat Irianto Siap Tempur Lawan Persija

30 September 2022 - 12:56 WIB

Bahan Dasar Kue Balok, Cemilan Khas Kota Bandung

6 September 2022 - 13:28 WIB

Cocok Buat Cemilan, Ini Resep Bikin Opak Makanan Khas Sunda

3 September 2022 - 17:13 WIB

Mengenal Longser, Seni Tarian Sunda yang Nyaris Hilang

1 September 2022 - 14:44 WIB

Resep Membuat Misro, Makanan Tradisional Khas Kota Bandung

1 September 2022 - 14:35 WIB

Berdiri Sejak 1980-an, Pasar Buku Palasari Surganya Pecinta Buku

31 Agustus 2022 - 10:54 WIB

Trending di Nga-Bandung-An